EKBIS POLITIK

Sri Mulyani Jadi Menkeu Lagi, Ditugaskan Buat Lunasin Utang Jokowi?

DEMOCRAZY.ID
Oktober 16, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Sri Mulyani Jadi Menkeu Lagi, Ditugaskan Buat Lunasin Utang Jokowi?



DEMOCRAZY.ID - Presiden terpilih Prabowo Subianto dipastikan menggandeng Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan. 


Pengangkatan tersebut dinilai terkait adanya alasan khusus dari Prabowo untuk mempercayai Sri Mulyani.


Analis komunikasi politik Hendri Satrio menilai, Sri Mulyani nampaknya diberi tugas untuk mengurus utang negara peninggalan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.


"Ini rezim utang, yang bisa urus utang bertambah dan urus cicilan jadilah Sri Mulyani yang di situ. Padahal ada kandidat lain, misalnya Bambang Brojonegoro," kata Hendri diskusi publik 'Koalisi Gemuk dan Antisipasi Kebocoran Anggaran' secara virtual, Rabu (16/10/2024).


Menurut Hendri, nama Sri Mulyani yang telah dikenal secara internasional jadi keuntungan sendiri bagi Indonesia. 


Keunggulan tersebut bisa jadi dimanfaatkan untuk mendapat pinjaman dari luar negeri.


"Bisa jadi hanya Sri Mulyani yang dipercaya pasar global," ujar Hendri.


Melihat daftar nama-nama yang dipanggil Prabowo ke Kertanegara pada Senin dan Selasa (14 dan 15 Oktober) lalu, diprediksi kalau jajaran Kementerian Keuangan tidak banyak berubah. 


Hendri berspekulasi kalau kebijakan Prabowo secara ekonomi, bisa jadi tidak akan jauh berbeda dengan Jokowi.


"Menurut saya dengan komposisi yang kita lihat ini akan memuluskan rezim utang pak Jokowi untuk melaksanakan proyek utang. Mungkin kita harus nunggu sampai Pak Prabowo nyaman sebagai presiden," ujarnya.


Sebelumnya diberitakan, Sri Mulyani turut dipanggil menghadap ke Prabowo pada Senin (14/10/2024) malam di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta.


Kepada awak media, ia mengaku diminta Prabowo untuk memperkuat lagi Kemenkeu.


"Jadi kami selalu konsultasi, kemudian kita juga berdiskusi mengenai berbagai langkah untuk memperkuat kementerian keuangan dan keuangan negara untuk bisa mendukung program-progam beliau," katanya setelah bertemu Prabowo.


"Makanya berbagai arahan mengenai pengelolaan dari sisi penerimaan negara, pajak, Beacukai BNPP, belanja negara, belanja negara untuk kementerian/lembaga maupun untuk transfer ke daerah dan juga berbagai investasi yang dilakukan terus dioptimalkan ditingkatkan kualitasnya diyakinkan untuk efektivitas terutama untuk manfaat kepada masyarakat," sambungnya.


Ia menegaskan bahwa Prabowo sangat konsen terhadap penyerapan APBN untuk masyarakat.


"Beliau perhatian sangat bagaimana dampak kepada apbn kepada masyarakat. Itu menjadi tekanan beliau. Jadi kita diskusi cukup lama dan panjang ya selama ini dengan beliau oleh karena itu pada saat untuk pembentukan kabinet beliau meminta saya untuk menjadi menteri keuangan kembali," katanya.


Sumber: Suara

Penulis blog