POLITIK

Ruhut Sitompul Semprot Jokowi: Permintaan Maaf di Akhir Jabatan Sudah Basi!

DEMOCRAZY.ID
Oktober 06, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ruhut Sitompul Semprot Jokowi: Permintaan Maaf di Akhir Jabatan Sudah Basi!



DEMOCRAZY.ID - Lama tak muncul di publik, Politikus kawakan Ruhut Sitompul mendadak menyemprot Presiden Jokowi yang sebentar lagi menanggalkan jabatannya.


Ruhut menyoroti sikap yang diperlihatkan Jokowi. Pasalnya, belakangan ini ia terus meminta maaf kepada publik Indonesia atas kepemimpinannya.


Ruhut pun menekankan bahwa rakyat Indonesia tidak lagi mudah dibohongi oleh janji-janji kosong dan permintaan maaf yang dianggapnya sudah usang.


"Mulyono di akhir masa jabatannya minta ma’af dengan tampang memelas," ujar Ruhut dalam keterangannya di aplikasi X @ruhutsitompul (5/10/2024).


Ruhut lanjut mengatakan, permintaan maaf di akhir jabatan Jokowi tidak cocok lagi untuk dilakukan.


"Cara itu sudah basi," cetusnya.


Ruhut menegaskan, taktik politik semacam ini tidak lagi efektif di hadapan rakyat yang sudah semakin cerdas dan kritis.


"Rakyat Indonesia tercinta cerdas terlalu sering dibohongi," Ruhut menuturkan.


Ruhut mengatakan, masyarakat kini lebih melek politik dan tidak mudah terpedaya oleh janji-janji atau langkah-langkah politik yang dianggapnya sebagai upaya pencitraan.


Secara khusus, Ruhut juga menyebut kader-kader PDI Perjuangan dengan tegas menyatakan bahwa Jokowi merupakan seorang pengkhianat.


"Kader-kader PDI Perjuangan yang secara tegas mengatakan (Jokowi) penghianat tetaplah penghianat," sebutnya.


Ruhut menyiratkan bahwa penghianatan kepada sosok sebesar Megawati, yang selama ini dianggap sebagai "Ibu" dalam politik, merupakan tindakan yang tidak bisa dimaafkan.


"Apalagi yang dikhianati seorang negarawan eh Ibu lagi yang membesarkannya," kuncinya.



Sebelumnya diketahui, menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo sekali lagi menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat.


Pada Rabu (2/10/2024), Presiden berpamitan kepada warga di Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui sebuah acara di Pasar Kefamenanu, Timor Tengah Utara.


Menggunakan megafon, Jokowi berbicara langsung kepada masyarakat yang hadir.


"Bapak, ibu, seluruh warga yang saya hormati, saya adalah manusia biasa yang penuh dengan kesalahan, yang penuh dengan kekurangan, yang penuh dengan kekhilafan," kata Jokowi.


Dalam kesempatan itu, Jokowi memohon maaf dengan tulus atas segala kesalahan dan kekurangan selama ia memimpin sebagai Presiden.


Sebelumnya, Jokowi juga telah menyampaikan permintaan maaf pada beberapa acara lain.


Pada 1 Agustus 2024, ia mengungkapkan hal yang sama dalam acara zikir kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta.


Permohonan maaf tersebut kemudian diulang dalam Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2024.


Di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 12 September 2024, Jokowi kembali berpamitan, kali ini kepada jajaran TNI Polri.


Sehari setelahnya, Presiden menyampaikan terima kasih sekaligus permintaan maaf kepada para menteri dalam Sidang Kabinet yang berlangsung di Istana Garuda, IKN.


Dengan berbagai momen permohonan maaf ini, Presiden Jokowi tampak menutup masa kepemimpinannya dengan rasa rendah hati, memohon ampunan dari masyarakat sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Oktober 2024.


Sumber: Fajar

Penulis blog