POLITIK

Rocky Gerung Ungkap 'Motif' Jokowi Umbar Momen Makan Siang Bareng Prabowo di Solo

DEMOCRAZY.ID
Oktober 14, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Rocky Gerung Ungkap 'Motif' Jokowi Umbar Momen Makan Siang Bareng Prabowo di Solo



DEMOCRAZY.ID - Pengamat politik, Rocky Gerung ikut menanggapi soal momen Gibran Rakabuming Raka yang ikut dalam pertemuan antara ayahnya, Presiden Jokowi dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto, baru-baru ini. 


Pertemuan yang digelar di kediamannya di Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2024) itu turut diunggah Jokowi lewat akun Instagram pribadinya.


Dilihat dalam tayangan Youtube Forum News Network (FNN) pada Senin (14/10/2024), Rocky Gerung menyebut ada pesan yang hendak disampaikan Jokowi terkait sosok Gibran yang ikut nimbrung dalam pertemuan makan siang bersama itu. 


Menurutnya, Jokowi hendak menyampaikan pesan keakraban antara Gibran sebagai wapres pendamping Prabowo.


"Apa pesan yang hendak disampaikan oleh Pak Jokowi dengan memposting foto itu. Dia (Jokowi) tentu memperlihatkan bahwa ada persahabatan, ada keakraban," ujar Rocky.


Namun, Rocky menyebut jika Jokowi mencoba untuk menegaskan jika Gibran tetap akan menjadi wapres di kabinet pemerintahan Prabowo.


"Iya tetapi realitas tidak seperti itu. Tentu orang akan tafsirkan bahwa ya Pak Jokowi mau minta ketegasan bahwa Pak Prabowo tetap akan bersama dengan pendamping (Gibran) dia. Dia yang adalah putra mahkota Jokowi yaitu Pak Gibran kan itu intinya kan," beber Rocky.


"Jadi apapun fotonya, bayangin misalnya kalau foto itu tidak ada Gibran di samping kanannya Prabowo. Itu jadi aneh sebetulnya dan sudut pandang atau sudut kamera selalu hendak berbicara lebih banyak," lanjut Rocky.


Namun, Rocky Gerung menyebut jika momen yang hendak ditampilkan Jokowi itu justru bersebrangan dengan adanya protes publik yang akan mempertanyakan legitimasi Gibran sebagai Wapres terpilih setelah terseret skandal akun Fufufafa.


"Tetapi rakyat Indonesia punya poin yang lain bahwa tetap legitimasi Pak Prabowo akan ditagih karena di dalam 5 tahun ke depan, masih ada saudara Gibran yang legitimasinya dipertanyakan oleh teman-teman semedia," ujar Rocky.


"Kalau kita tafsirkan bahwa foto itu berbicara lebih banyak dari maksud Pak Jokowi. Ya memang maksud Pak Jokowi adalah Gibran harus berada di samping Prabowo, sementara tafsir netizen tidak boleh Gibran ada terus di samping Prabowo tuh karena ada masalah dengan kelakuan, etika segala macam," sambungnya.


Menurutnya, upaya Jokowi untuk menyelamatkan Gibran yang belakangan disorot publik karena disebut-sebut sebagai pemilik akun Fufufafa ternyata cuma sia-sia.


"Kita mau mengerti itu sebagai uraian deskriptif aja tanpa maksud untuk menafsirkan lebih lanjut. Tetapi penafsiran itu sudah berlaku tanpa ada foto atau dengan segala macam foto yang bakal diedarkan oleh istana minggu-minggu ini," bebernya.



Jokowi sebelumnya sempat mengunggah momen pertemuannya dengan Prabowo. Yang menarik, Gibran turut hadir dan duduk satu meja dengan Prabowo kala menyantap makan siang bareng Jokowi.


"Diskusi akhir pekan bersama Presiden terpilih Pak @prabowo," kata Jokowi lewat keterangan unggahan di akun Instagram pribadinya.


Tak cuma Jokowi, Prabowo turut memamerkan momen kebersamaannya saat mengunjungi kediaman Jokowi di Solo.


"Hari ini saya bersilahturahmi ke kediaman Presiden @jokowi di Solo, kami bincang-bincang ringan, menikmati santap siang penuh keakraban," tulis Prabowo, Senin.


Diketahui, pertemuan itu adalah momen kedua kalinya Jokowi bertemu Prabowo menjelang masa jabatannya habis pada 20 Oktober 2024 mendatang. 


Sebelumnya, Jokowi dan Prabowo menggelar makan malam bersama di kawasan Hutan Kota by Plataran di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.


Sumber: Suara

Penulis blog