POLITIK

Pratikno Masuk Kabinet Prabowo, karena Mantan Akademisi atau Titipan Jokowi?

DEMOCRAZY.ID
Oktober 07, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pratikno Masuk Kabinet Prabowo, karena Mantan Akademisi atau Titipan Jokowi?



DEMOCRAZY.ID - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabinet (Seskab), Pratikno disebut akan mengisi posisi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Mencuatnya nama Pratikno menimbulkan pro-kontra, ada yang menyebut dia dipilih karena berlatar sebagai mantan Rektor UGM, ada juga yang menduga Pratikno titipan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Dukungan datang dari peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa. 


Dia menilai bila nantinya Pratikno mendapatkan kursi menteri di kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto, maka hal tersebut guna mewujudkan zaken kabinet, mengingat Pratikno bekas akademisi.


"Kan memang sempat tercetus kabinet Prabowo mendatang ini adalah kabinet Zaken. Pak Pratikno ini kan memang kalau kita lepaskan dulu faktor Jokowi-nya, memang beliau bukan orang partai sehingga bisa dikategorikan sebagai orang ahli sehingga memenuhi unsur kabinet Zaken," tutur Ardha saat dihubungi di Jakarta, dikutip Minggu (6/10/2024).


Ia menyebut dugaan Pratikno 'dititipkan' di kabinet Prabowo sebagai perpanjangan tangan Jokowi, maka agak sulit dibuktikan. 


Ardha meyakini, Pratikono dipilih kembali Pratikno mengisi kursi menteri, karena melihat kinerjanya selama ini.


"Karena bagi saya dan secara teoritis bagaimanapun menteri itu kan bosnya presiden. Sehingga menurut saya agak sulit kalau kemudian (Pratikno) dikendalikan dari luar, sementara seperti yang kita tahu dengan kekuasaan presiden ini dia bisa me-reshuffle kapanpun dan seperti apapun," ucap dia.


Sementara, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, bila sosok Pratikno mengisi posisi menteri nantinya di kabinet, tak terlepas dari hubungan dekat dengan Presiden Jokowi,


"Jokowi punya andil dalam kemenangan Prabowo sehingga tidak mengherankan, Jokowi miliki peluang menitipkan tokoh kepercayaannya di kabinet Prabowo, setidaknya (untuk) menjaga Gibran," kata Dedi saat dihubungi di Jakarta, dikutip Minggu (6/10/2024).


Pratikno juga ia nilai telah memiliki andil selama Pilpres 2024, dalam meloloskan Gibran menjadi cawapres, serta membantu kemenangan paslon nomor urut 2 tersebut.


"Dan Pratikno menjadi tokoh dekat Jokowi yang dimungkinkan dititipkan ke Prabowo, dan Pratikno sendiri dalam proses Pilpres juga banyak disebut miliki andil manuver yang pasangkan Gibran dengan Prabowo," tuturnya.


Sumber: Inilah

Penulis blog