POLITIK

Pratikno Jadi Menko PMK di Kabinet Prabowo, Pengamat: Titipan Jokowi Untuk Jaga Gibran

DEMOCRAZY.ID
Oktober 06, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pratikno Jadi Menko PMK di Kabinet Prabowo, Pengamat: Titipan Jokowi Untuk Jaga Gibran



DEMOCRAZY.ID - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) sekaligus Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kabinet (Seskab), Pratikno disebut akan mengisi posisi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, bila sosok Pratikno mengisi posisi menteri nantinya di kabinet, tak terlepas dari hubungan dekat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Jokowi punya andil dalam kemenangan Prabowo sehingga tidak mengherankan, Jokowi miliki peluang menitipkan tokoh kepercayaannya di kabinet Prabowo, setidaknya (untuk) menjaga Gibran," kata Dedi saat dihubungi di Jakarta, dikutip Minggu (6/10/2024).


Selain itu, Pratikno juga ia nilai telah memiliki andil selama Pilpres 2024, dalam meloloskan Gibran menjadi cawapres, serta membantu kemenangan paslon nomor urut 2 tersebut.


"Dan Pratikno menjadi tokoh dekat Jokowi yang dimungkinkan dititipkan ke Prabowo, dan Pratikno sendiri dalam proses Pilpres juga banyak disebut miliki andil manuver yang pasangkan Gibran dengan Prabowo," tuturnya.


Sebelumnya, juru bicara Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan Prabowo sudah mengantongi beberapa nama yang akan dipilih sebagai menteri dalam kabinetnya.


Dia mengatakan, dari partai politik, Prabowo akan memprioritaskan nama-nama dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), sedangkan dari kelompok lainnya sedang dipertimbangkan berdasarkan usulan kelompok masyarakat, ormas, kelompok profesi buruh tani dan nelayan, relawan, serta lainnya.


Dahnil menerangkan terdapat tiga kriteria bagi calon menteri yang akan duduk di kabinet, yakni integritas, kompetensi dan loyalitas. 


"Dengan Pak Prabowo sebagai panglima, mereka yang menjadi menteri Pak Prabowo harus tegak lurus dengan berbagai agenda pembangunan yang sudah dibuat Pak Prabowo," ucap dia di Jakarta, Sabtu (28/9/2024).


Terkait dengan jumlah kementerian pada kabinet Prabowo, dia menuturkan, hal tersebut belum bisa dipastikan lantaran masih berproses, tetapi yang pasti jumlahnya akan bertambah dari saat ini yang sebanyak 34.


"Nanti ada kementerian yang akan dipecah dan digabung atau merger. Ada Kementerian yang tadinya dipecah nanti ada jadi badan, ada juga yang digabung dan sebagainya," ucap Dahnil menjelaskan.


Sumber: Inilah

Penulis blog