EDUKASI POLITIK

Penjelasan Lengkap! 2 Skema Kuliah Doktor di SKSG UI, Ini Yang Bikin Bahlil Lulus Cepat

DEMOCRAZY.ID
Oktober 20, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
POLITIK
Penjelasan Lengkap! 2 Skema Kuliah Doktor di SKSG UI, Ini Yang Bikin Bahlil Lulus Cepat



DEMOCRAZY.ID - Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) menjadi sorotan usai Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mendapatkan gelar doktoral.


Hal ini karena Bahlil diketahui bisa lulus S3 hanya dalam 1 tahun 8 bulan dengan disertasi berjudul "Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia".


Sebagai informasi, SKSG UI merupakan pengelola dan penyelenggara program pendidikan multi, inter, dan transdisiplin pada jenjang magister dan doktor untuk kelompok ilmu dibidang keilmuan stratejik dan global.


Pada jenjang doktor, SKSG menyelenggarakan satu program kajian-kajian bersifat multi dan atau inter/transdisiplin.


Sehingga, prodi-prodi yang ada memiliki irisan isu atau permasalahan yang dapat dikaji secara kolaboratif dengan karakteristik dan ciri khas yang berbeda.


Lebih lanjut, diketahui terdapat dua skema program untuk jenjang S3, yakni kuliah dan riset (by course and research) serta riset (by research) dengan pembelajaran berbahasa Indonesia, Inggris, Perancis, dan Arab.


Kepala Biro Humas dan KIP UI Dra Amelita Lusia, M.Si mengatakan bahwa Bahlil pada program ini mengambil skema by research.


"Pak Bahlil tercatat sebagai mahasiswa program doktor pada SKSG UI mulai tahun akademik 2022/2023 term 2 hingga 2024/2025 term 1, jalur riset," terang Amel, 16 Oktober 2024.


Dijelaskannya, beban studi dan masa studi kedua jalur tersebut diatur dalam Peraturan Rektor UI Nomor 016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Doktor di UI.


Lebih tepatnya pada Pasal 14 menyatakan bahwa program doktor memiliki beban studi 48-52 SKS dengan masa studi 4-10 semester.


"Peraturan Rektor UI Nomor 016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Doktor di UI pada pasal 14 menyebutkan bahwa Program Doktor dirancang untuk 6 (enam) semester, dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya dalam 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester," lanjutnya.


Lantas, apa saja perbedaan kedua skema tersebut?


1. Beban Studi


Tertuang dalam Pasal 16, mahasiswa Program Doktor melalui Kuliah dan Riset wajib menjalani tahapan berikut.


a. Mengikuti sejumlah mata kuliah terstruktur yang tertera dalam kurikulum (18--22 sks).


b. Mengikuti Ujian Proposal Riset (6 sks).


c. Mengikuti Ujian Hasil Riset (8--10 sks).


d. Menghasilkan 1 (satu) makalah ilmiah hasil riset terkait disertasinya sebagai penulis utama yang dapat didampingi oleh tim promotor yang sudah diterima untuk diterbitkan dalam jurnal internasional terindeks (8 sks).


e. Menyerahkan bukti pemenuhan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam huruf d merupakan prasyarat untuk ujian promosi.


f. Menyerahkan 1 (satu) karya Disertasi dan mengikuti Sidang Promosi sebagai tahap akhir Program Doktor (6-8 sks).


Kemudian di Pasal 17 mengatur tentang beban studi mahasiswa skema riset yang diikuti oleh Bahlil, di antaranya sebagai berikut.


a. Mengikuti seminar berkala mengenai kajian literatur khususnya jurnal ilmiah bereputasi terkait riset utamanya (8 sks).


b. Mengikuti Ujian Proposal Riset (6 sks).


c. Mengikuti Ujian Hasil Riset (10--12 sks).


d. Menyajikan 1 (satu) makalah ilmiah hasil riset terkait isertasinya sebagai penulis utama pada konferensi lmiah internasional dan diterbitkan dalam prosiding sebagai makalah penuh (full paper) (6 sks);


e. Menghasilkan 1 (satu) makalah ilmiah hasil riset terkait disertasinya sebagai penulis utama yang dapat didampingi oleh tim promotor yang sudah diterima untuk diterbitkan dalam jurnal internasional terindeks (8 sks) dan 1 (satu) makalah ilmiah yang sudah diterima untuk diterbitkan dalam jurnal nasional yang terakreditasi (4 sks).


f. Menyerahkan bukti-bukti pemenuhan persyaratan sebagaimana dimaksud dalam huruf e merupakan prasyarat untuk ujian promosi.


g. Menyerahkan I (satu) karya Disertasi dan mengikuti Sidang Promosi sebagai tahap akhir Program Doktor (6--8 sks).


2. Persyaratan


a. Lulus program magister (S2).


b. IPK minimal 3.0.


c. Lulus seleksi SIMAK UI (tertulis dan wawancara).


d. Esai rencana penelitian yang akan dilakukan (memuat tujuan, metodologi, data, roadmap penelitian, luaran-luaran penelitian, usulan nama pembimbing, pengalaman penelitian, serta pendanaan dan beasiswa).


e. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi.


3. Pendaftaran dan Uang Kuliah


Sebagai informasi, SKSG UI saat ini masih membuka pendaftaran semester genap hingga 27 Oktober 2024 mendatang.


Adapun berdasarkan SK Nomor 798 Tahun 2024 tentang Uang Kuliah Tahun Akademik 2024/2025, biaya yang perlu dikeluarkan untuk bisa berkuliah S3 di SKSG UI adalah sebagai berikut.


a. Biaya Pendaftaran: Rp1.600.000


b. Uang Kuliah:


WNI: Rp26.500.000

Riset: Rp29.000.000

WNA: Rp44.000.000

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui www.penerimaan.ui.ac.id.


Itu dia informasi mengenai program doktor di SKSG UI yang diikuti Bahlil, siap mendaftar?


Sumber: Disway

Penulis blog