POLITIK

Pelantikan DPR, Kumpulan 'Royal Family' dan 'Pelayan' Yang Ditumbalkan

DEMOCRAZY.ID
Oktober 01, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pelantikan DPR, Kumpulan 'Royal Family' dan 'Pelayan' Yang Ditumbalkan



DEMOCRAZY.ID - Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 resmi dilantik. Pelantikan digelar di ruang sidang paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024). Dari ratusan legislator ini, diisi oleh wajah lama dan kumpulan kerabat para elite parpol.


Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengungkapkan, terdapat 79 caleg terpilih periode 2024-2029 memiliki hubungan kerabat dengan caleg terpilih lainnya, baik hubungan suami-istri, anak, keponakan, dan lainnya.


"Banyaknya caleg kategori dinasti politik menambah pesimisme akan wajah DPR baru. Bukannya tak mendukung hak berpolitik mereka, tetapi tak dipungkiri keterpilihan mereka pasti disokong posisi orang lain yang punya pengaruh," kata dia, Jakarta, Selasa (1/10/2024).


Yang paling jadi sorotan adalah keluarga Megawati Soekarnoputri dan trah Soekarno. Sebab, ada kader PDIP 'ditumbalkan' agar trah Soekarno bisa berkumpul di Senayan.


Cucu Presiden pertama RI Sukarno, Romy Soekarno atau Hendra Rahtomo, lolos jadi anggota DPR setelah dua caleg PDIP lainnya mundur. Kedua caleg itu, yakni Sri Rahayu dan Arteria Dahlan.


 Hal ini tertuang dalam Keputusan KPU No. 1401 Tahun 2024 tentang Perubahan Keputusan KPU No. 1206 Tahun 2024 soal Penetapan Calon Terpilih Anggota DPR dalam Pemilu 2024.


Arteria semestinya bisa kembali menjabat jadi anggota dewan usai Sri Rahayu mundur tapi dia harus merelakannya demi 'melayani' trah Soekarno. 


Dia pun bercerita, bagaimana detik-detik Romy Soekarno mendatanginya untuk meminta kursi anggota DPR RI.


Pada pertemuan yang terjadi di Grand Hyatt Hotel Jakarta, Romy memohon Arteria mengalah, karena menjadi anggota dewan merupakan cita-citanya. 


"Saya menghargai Mas Romy, as a part of royal family, beliau mendatangi saya, memohon agar saya bisa membantu beliau bisa mewujudkan cita-citanya di hadapan Bu Mega dan Ibunda beliau Almarhumah Ibu Rahmawati. Dan itu hanya bisa diwujudkan kalau beliau duduk di DPR," kata Arteria.


Arteria memutuskan untuk membantu dengan melepas posisinya sebagai caleg terpilih. 


Dia lantas menyebut, semua jabatan yang dia emban di DPR karena budi baik dari keluarga Bung Karno terutama di PDIP. Maka dari itu, Arteria tidak keberatan jika harus melepas posisinya.


"Enggak ada. Jadi saya itu mungkin berbeda dari yang lain. Makanya banyak orang yang berpikiran saya akan melawan, saya bukan anak nakal. Saya ini loyalis PDI Perjuangan. Darah saya ini merah, kami melayani keluarga Bung Karno" ucap dia lagi.


Romy bukan satu-satunya anggota 'Royal Family', Puti Guntur Soekarno yang merupakan anak dari Guntur Soekarnoputra juga dilantik menjadi legislator. 


Lalu ada Puan Maharani, anak dari Megawati Soekarnoputri. Kemudian, Diah Pikatan Putri Haprani (Pinka) anak dari Puan.


Fenomena ini membuat peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus khawatir DPR ke depan akan makin transaksional saja karena diisi oleh para kerabat. 


Selain itu, dia juga mengkritisi, makin kecilnya peluang para tunas muda karena keberadaan 'Royal Family' ini.


"Jadi kesempatan bagi politisi kader yang bukan bagian dari keluarga pejabat menjadi kian sempit saja. Peluang terjadinya korupsi, kolusi juga kian tinggi. Lama-lama bisa saja ada grup arisan keluarga di DPR," ucap Lucius.


Sumber: Inilah

Penulis blog