POLITIK

Menagih Janji Jokowi Berkantor di IKN hingga Pensiun, Diduga Cuma 9 Hari Sepanjang September-Oktober, Bohong Lagi?

DEMOCRAZY.ID
Oktober 16, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Menagih Janji Jokowi Berkantor di IKN hingga Pensiun, Diduga Cuma 9 Hari Sepanjang September-Oktober, Bohong Lagi?



DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) semestinya berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, terhitung sejak 10 September hingga 19 Oktober 2024, sebagaimana pernyataan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pada 6 September lalu.


Faktanya tidak demikian, menelusuri jejak kegiatannya selama beberapa waktu belakangan, Jokowi hanya benar-benar terlihat berada di IKN di tanggal 12, 13, 24, 25 dan 26 September. Mari kita ulas bersama-sama agenda kegiatan Jokowi.


Pada 10 September 2024, Jokowi tidak berkantor di IKN ia kunjungan kerja ke Sumatera Utara. 


Di sana, Jokowi meresmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa (Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,2 km. 


Kemudian Jokowi juga meresmikan Jalan Tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Seksi 3 dan 4) sepanjang 45,6 km.


Selepas itu, Jokowi kembali ke Jakarta dan menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Australia dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C, pada malam harinya. 


Kemudian di 11 September, Jokowi berada di Istana Negara Jakarta untuk melantik Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial dan Eddy Hartono sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).


Siang harinya dia meninjau pencanangan MRT Jakarta lintasan Timur-Barat fase 1. Lalu di sore hari, Jokowi memberikan bonus kepada atlet Paralympic Games Paris Tahun 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta.


Baru pada 12 September Jokowi berkantor di IKN. Agenda pertamanya, beri arahan kepada pejabat TNI dan Polri di Istana Negara IKN.


Keesokan harinya, 13 September 2024, Jokowi masih berada di IKN. Jokowi memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda. 


Ini merupakan sidang paripurna terakhir di Kabinet Indonesia Maju sebelum Jokowi pensiun. Siang harinya, Jokowi groundbreaking Nusantara Mall Duty Free dan meresmikan Swissotel Nusantara.


Pada 14-16 September 2024, agenda Jokowi internal. Dalam 2 hari ini diketahui tidak ada agenda kenegaraan yang dilakukan Jokowi. 


Tanggal 17 September, Jokowi terlihat di Jakarta untuk meresmikan kawasan Indonesia Islamic Financial Center dan Kantor FIBA Indonesia di Menara Danaerksa, Jakarta.


Pada 18 September 2024, Jokowi meresmikan pembukaan 10Th Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024. 


Sehari kemudian, Jokowi melakukan kunjungan ke Solo, Jawa Tengah, untuk meresmikan Jalan Tol Ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo seksi I Kartasura-Klaten. Masih di Solo, Jokowi juga meresmikan pembukaan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia XXII dan Seminar Nasional.


Pada 20 September 2024, Jokowi bergeser ke Surabaya, Jawa Timur. Kunjungan kerjanya ke Pasar Dukuh, Kupang, Kota Surabaya. 


Pada 21 September 2024, Jokowi menerima Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta. 


Selanjutnya 22 September 2024, Jokowi mengajak dua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah, berkunjung ke pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista), dalam rangka HUT ke-79 TNI.


Tanggal 23 September 2024, Jokowi terbang ke Sumbawa Barat, NTB. Di sini, Jokowi meresmikan smelter Tembaga dan Pemurnian Logam Mulai PT. Amman Mineral Internasional Tbk. 


Masih di hari yang sama, Jokowi bergeser ke Gresik, Jawa Timur untuk meresmikan produksi smelter PT Greeport Indonesia.


Pada 24 September 2024, Presiden Jokowi kunjungan Kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat. Agenda pertama Jokowi berkunjung ke Pasar Mawar, Kota Pontianak.


Kemudian, Jokowi meresmikan Injeksi Bauksit Perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina di Kabupaten Mempawah. 


Jokowi kemudian bergeser ke IKN. Dengan menggunakan pesawat RJ-85, Presiden Jokowi mendarat di Bandara IKN.


Pada 25 September 2024, Jokowi hadiri groundbreaking Teras Hutan IKN By Plataran, groundbreaking Campus Australian Independent School Nusantara, groundbreaking D'PrimeHotel Nusantara, groundbreaking Magnum Resort Nusantara dan groundbreaking Delonix Nusantara.


Siang harinya, Jokowi meresmikan pembukaan Rakornas Badan Amil Zakat Nasional di Istana Negara IKN. 


Jokowi juga memberikan sambutan pada silaturahmi dengan Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama se-Indonesia (AFKUBI) di IKN.


Kemudian 26 September 2024, Jokowi berkunjung ke Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pada 27 September 2024, agenda Jokowi internal.


28 September 2024, Jokowi sudah berada di Jakarta untuk menerima penyematan brevet kehormatan Hiu Kencana dan Penganugerahan tanda kehormatan Samkarya Nugraha. 


Di 29 September 2024, Jokowi terbang ke Lombok, NTB untuk menonton MotoGP Pertamina Mandalika. 


Baru pada 30 September 2024, Presiden Jokowi kembali ke Jakarta. Jokowi menerima Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Istana Kepresidenan Jakarta.


Cuma 4 Hari di IKN Selama Oktober?


Selama Oktober, Jokowi diduga berada di IKN hanya pada tanggal 6,11,12 dan 13 Oktober. Di dua hari pertama bulan Oktober, Jokowi tak ada agenda di IKN. 


Pada 1 Oktober Jokowi berada di Jakarta untuk hadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, pelantikan DPD/DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat dan kemudian terbang ke NTT untuk meresmikan sejumlah hasil pembangunan.


Di hari berikutnya, Jokowi meresmikan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, meresmikan 7 pos lintas batas negara di NTT, meninjau RSUD Kafamenanu di Kabupaten Timor Tengah Utara, meninjau Pasar Kafamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara


3 Oktober, Jokowi masih di NTT. Dia mengawali hari dengan kunjungan ke Pasar Rakyat LIPA Kalabahi, Kabupaten Alor, untuk memantau langsung kondisi pasar dan harga sembilan bahan pokok (sembako). 


Pada 4 Oktober tidak diketahui agenda Jokowi. Kemudian pada 5 Oktober Jokowi terlihat mengajak cucunya, Jan Ethes Srinarendra, menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar di Monas, Jakarta.


Pada 6 Oktober Jokowi berada di IKN, membuka acara Nusantara TNI Fun Run bagian dari rangkaian HUT ke-79 TNI. 


Usai ke IKN, Jokowi terbang ke Solo. Jokowi diagendakan membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 di Stadion Manahan Solo di malam harinya.


Di Senin, 7 Oktober 2024, Jokowi berkegiatan di Istana Kepresidenan Jakarta. Sekretariat Presiden hanya menyampaikan agenda Presiden Jokowi pada 7 Oktober 2024 acara internal. Sehari setelahnya, Jokowi buka acara acara BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta.


Malam harinya, Presiden Jokowi menggelar pertemuan empat mata dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 


Mereka bertemu untuk makan malam dan berdiskusi di sebuah restoran di Jakarta. Pertemuan itu berlangsung lebih dari dua jam.


Di hari selanjutnya, 9 Oktober 2024, Jokowi membuka Trade Expo Indonesia ke-39, di ICE BSD, Tangerang, Banten. 


Pada 10 Oktober Jokowi juga masih terlihat di Istana Kepresidenan Jakarta. Malam harinya, Presiden Jokowi menghadiri acara Malam Puncak HUT ke-79 Pertambangan dan Energi, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta.


Baru di tanggal 11 Oktober, Jokowi terbang ke IKN meresemikan berbagai infrastruktur di sana. Di tanggal 12-13 Oktober tidak diketahui, besar kemungkinan berada di IKN. 


Dan di tanggal 14 Oktober Jokowi sudah di Jakarta hadiri apel kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Mako Korps Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.


Dan kemarin, 15 Oktober, Jokowi berada di Aceh meresmikan 24 ruas jalan dan jembatan sepanjang 60 meter di 14 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. 


Jokowi juga meresmikan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) Youth Creative Hub yang digelar di Gedung Pusat AMANAH, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. 


Sumber: Inilah

Penulis blog