POLITIK

Kaesang Selalu 'Tantang' Serangan Publik, Pakar: Dia Sadar Punya Backing Kuat

DEMOCRAZY.ID
Oktober 20, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Kaesang Selalu 'Tantang' Serangan Publik, Pakar: Dia Sadar Punya Backing Kuat



DEMOCRAZY.ID - Ketua Umun PSI Kaesang Pangarep beberapa kali terlihat 'menantang' balik publik setiap kali ada serangan yang mengarah kepadanya maupun keluarga Joko Widodo (Jokowi).


Terbaru, Kaesang bahkan nampak santai dan cuek ketika dirinya beserta kakaknya Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution disoraki ketika sidang paripurna pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.


Alih-alih malu disoraki dalam forum kenegaraan, Kaesang malah tersenyum sambil tertawa kecil.


Pakar mikro ekspresi Kirdi Putra mengatakan bahwa sikap santai Kaesang itu menjadi caranya lakukan perlawan balik. 


Putra bungsu Jokowi itu sukses menunjukan kalau serangan publik tidak mempan untuknya.


Menurut Kirdi, Kaesang berani bersikap demikian karena dia sadar masih memiliki backing atau 'pelindung', yakni ayahnya sendiri.


"Kaesang itu kayak orang jalan sama harimau. Orang nggak takut sama Kaesang, orang takut sama yang di sampingnya Kaesang, Pak Jokowi itu," ungkap Kardi, dihubungi Minggu (20/10/2024).


Apabila Kaesang bukan anak Jokowi, menurut Kirdi, suami Erina Gudono itu tidak akan berani bersikap santai atas sentimen negatif dari publik. 


Sehingga, kalaupun Kaesang masih baru terjun secara aktif di dalam politik, dia sudah mampu memperdaya publik melalui caranya merespon sentimen tersebut.


"Mau dibilang bahwa dia prematur dalam politik tapi dia kok bisa menghadapi? Sebenarnya karena dia tahu dia punya backing," ujarnya.


Di sisi lain, masyarakat Indonesia juga dinilai belum siap melihat respon Kaesang yang santai. 


Cara tersebut sukses membuat publik seolah-olah gagal membuat Kaesang malu atau pun marah.


Sehingga bagaimana pun negatifnya sentimen publik, Kaesang diprediksi akan tetap meresponnya dengan santai.


"Buat saya ini cara melawan yang elegan, terlepas bahwa kebetulan memang apakah ada hal-hal negatif yang dilakukan oleh keluarga Solo. Terlepas itu saya harus mengakui bahwa cara mereka menghadapi serangan itu luar biasa. Keren, terlatih," ucapnya.


Sumber: Suara

Penulis blog