POLITIK

Jokowi Disorot Gegara Makin Rutin Blusukan Minta Maaf di Daerah, Istana: Bentuk Kerendahan Hati Seorang Presiden

DEMOCRAZY.ID
Oktober 04, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jokowi Disorot Gegara Makin Rutin Blusukan Minta Maaf di Daerah, Istana: Bentuk Kerendahan Hati Seorang Presiden



DEMOCRAZY.ID - Istana Kepresidenan membeberkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belakangan kerap menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada rakyat Indonesia di sela-sela kunjungan kerja di daerah.


Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan serangkaian permohonan maaf yang disampaikan Jokowi itu menunjukkan keseriusan Presiden dalam refleksi atas kebijakan yang telah dijalankan.


"Presiden Joko Widodo telah menunjukkan sikap kerendahan hati dan keberanian untuk meminta maaf secara langsung atas kekurang sempurnaan selama masa jabatannya," kata Yusuf, Jumat (4/10).


Yusuf juga menilai sikap Jokowi itu menunjukkan integritas, kenegarawanan, dan kepedulian yang mendalam terhadap tanggung jawab yang diemban sebagai kepala negara dalam satu dekade terakhir.


Selain itu, permintaan maaf langsung yang disampaikan di berbagai momen penting di daerah itu menurutnya juga telah mencerminkan hubungan Jokowi dengan rakyat yang langsung terjun ke bawah dengan rasa empati.


"Itu adalah komitmen beliau terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas yang kuat dalam kepemimpinannya," ujarnya.


Presiden Jokowi dalam beberapa kali kesempatan menyampaikan permintaan maaf terbuka kepada masyarakat. Paling banyak permintaan maaf itu disampaikan saat blusukan ke pasar.


Mulai dari Surabaya, Jawa Timur; Deli Serdang, Sumatera Utara; Pontianak, Kalimantan Barat; Kabupaten Paser, Kalimantan Timur; hingga Timor Tengah Utara, NTT.


Beberapa kali Jokowi juga meminta maaf dalam acara resmi, mulai dari acara zikir dan doa kebangsaan, serta saat sidang kabinet terakhir di IKN.


Adapun Jokowi-Ma'ruf Amin akan digantikan oleh Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden yang baru lantaran telah memenangkan Pilpres 2024. Prabowo-Gibran akan dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.


Sumber: CNN

Penulis blog