EKBIS POLITIK

IRONI! Jokowi Pernah Minta Pejabat Tak Hidup Mewah, Sang Menantu Malah Sering 'Flexing'

DEMOCRAZY.ID
Oktober 18, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
IRONI! Jokowi Pernah Minta Pejabat Tak Hidup Mewah, Sang Menantu Malah Sering 'Flexing'



DEMOCRAZY.ID - Sering kali menantu Presiden Joko Widodo, Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep menjadi sorotan, terutama karena sering flexing (pamer) kemewahan..


Padahal, dua tahun silam, Joko Widodo, sempat mengingatkan jajarannya, terutama institusi Polri untuk menerapkan pola hidup sederhana. 


Jokowi meminta agar para pejabat Polri peka terhadap kesusahan yang dirasakan rakyat kecil.


Namun, seiring berjalannya waktu, pernyataan Jokowi dengan perilaku menantunya terasa kontradiktif. 


Erina Gudono kembali panen kritikan warga net setelah mengunggah makanan mewah di rumah sakit pasca lahiran. 


Istri dari anak bontot presiden tersebut bahkan mendatangkan chef pribadi ke RS untuk menikmati sushi yang disajikan dengan cara omakase. 


Chef tersebut menyiapkan sajian sushi langsung di hadapan Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep.


"Terima kasih Omakase di RSnya, @kaesangp. Akhirnya bisa makan sushi sashimi nigiri lagi," tulis Erina di Instagram Story-nya, seperti dikutip pada Kamis (17/10/2024).


Dalam omakase, pelanggan tidak perlu memilih menu karena koki akan meracik hidangan berdasarkan bahan yang tersedia. Koki juga mungkin tidak menunjukkan menu kepada pelanggan sama sekali. 


"Thank you @zutto.jkt. Semuanya enak," tutur Erina dan memperlihatkan sedikit menu yang akan disantapnya.


Terdapat total 15 hidangan yang disajikan untuk Erina, meliputi appetizer atau makanan pembuka, shinogi, yakimono, nigiri, soup, dan dessert atau makanan penutup. Hidangan terbanyak yang disajikan adalah dari kategori nigiri.


Aksi tersebut kembali menjadi sorotan. Padahal belum lama ini Erina ramai dikritik warganet karena memamerkan gaya hidup mewah yang dinilai menunjukkan kesenjangan dengan kehidupan masyarakat Indonesia.


Menantu Presiden Jokowi itu pernah memamerkan roti seharga Rp 400 ribu, naik private jet ke Amerika Serikat, sampai diduga membeli stroller bayi dengan harga selangit di sana.


Teguran sang Mertua ke Polri


Namun, teguran yang pernah dilontarkan sang mertua, Jokowi kepada jajarannya, sepertinya belum diterapkan dengan baik oleh menantunya sendiri. 


Diketahui, Presiden Jokowi meminta agar pejabat Polri untuk hidup sederhana saat memberikan pengarahan kepada jajaran Polri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022) silam. 


Presiden mengingatkan agar peka dengan krisis yang terjadi. Maka dari itu, semua diminta mencegah terjadinya kecemburuan sosial. 


"Kapolres, Kapolda pejabat utama, pejabat tinggi, ngerem total masalah gaya hidup. Jangan gagah-gagahan karena merasa punya mobil atau motor gede yang bagus, hati-hati saya ingatkan hati-hati," ujar Presiden saat itu seperti dikutip Kompas.id. 


Sementara itu, menanggapi pernyataan Jokowi, pengajar ilmu kebijakan publik Universitas Gadjah Mada, Gabriel Lele mengatakan semestinya semua aparat penegak hukum dan para pejabat lain mengikuti arahan presiden. 


Gabriel menilai teguran presiden ini adalah pesan untuk semua jajaran di bawah Presiden Jokowi. 


"Tapi presiden sepertinya ingin mulai dengan Polri karena masalahnya pelik dan saat ini sedang jadi sorotan luas. Di luar itu, perilaku birokrat lain tidak kalah menyebalkan dalam hal pamer kuasa dengan fasilitas negara," pungkasnya. 


Pesawat Jet Pribadi 


Publik, terutama netizen atau warganet kemudian menyorotinya, mengingat Kaesang dan Erina baru saja ke Amerika Serikat (AS), di saat masyarakat Indonesia tengah heboh melakukan aksi demo untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK).


Warganet digemparkan dengan unggahan di Instagram Erina yang sedang berada di pesawat jet pribadi.


Tak hanya mengunggah foto jet pribadi, Erina juga sempat mengunggah foto Kaesang yang sedang menyantap sebuah roti yang diklaim seharga Rp 400.000 per potong.


Erina juga mengunggah aktivitasnya dengan Kaesang yang sedang membeli stroller bayi hingga ke negeri Paman Sam tersebut.


Berapa Biaya Sewa Jet Pribadi Gulfstream G650?


Warganet menyoroti kepergian Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat di mana keduanya terbang menggunakan pesawat jet Gulfstream.


Salah satu akun X, Zakki Amali, mengungkap bahwa mereka menaiki pesawat Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.


Bahkan, diungkap pula estimasi biaya sewa jet pribadi tersebut, beserta biaya bahan bakarnya yang mencapai miliaran rupiah.


Pesawat tersebut juga disebut kerap tampak di Bandar Udara Adi Soemarmo, Boyolali. Pasalnya, harga sewa pesawat jet Gulfstream ini tidaklah murah.


Seseorang perlu merogoh kocek lebih dalam untuk membayar biaya penerbangannya.


Dari penelusuran di internet, harga sewa Gulfstream G650 mencapai 17.000 dolar AS hingga 19.750 dolar AS per jam.


Jika dikurskan ke rupiah, dengan kisaran rata-rata kurs bulan Agustus, nilainya mencapai Rp 265-300 jutaan.


Perjalanan dari Indonesia ke Amerika Serikat tanpa transit membutuhkan waktu sekitar 20 jam. Jika dikalikan nilainya bisa mencapai Rp 6 miliar. Itu untuk satu kali perjalanan. 


Jika pergi pulang (PP) tinggal dikalikan dua saja, sekitar Rp 12 miliar.


Angka ini belum diketahui apakah sudah include bahan bakar pesawat selama penerbangan.


Jika belum tentu saja nominal biaya sewanya jauh lebih membengkak.


Sebagai informasi, pesawat Gulfstrem diproduksi perusahaan Gulfstream Aerospace Corporation, AS.


Pesawat ini kerap digunakan orang-orang kaya dunia, seperti bos Tesla dan Twitter, Elon Musk maupun bos Amazon, Jeff Bezos.


Bross Erina


Gaya busana istri Kaesang Pangarep di Amerika juga menjadi sorotan. Sekilas, tampilan Erina Gudono di Amerika mungkin terlihat simpel dan sederhana.


Namun, terdapat tambahan aksesori branded yang melengkapi tampilan Erina Gudono.


Pada salah satu bagian dada, terdapat bros dengan logo brand mewah Chanel yang tentunya memiliki harga tak murah.


Dikutip dari website chanel.com, harga bros dari Chanel cukup beragam mulai dari belasan juta.


Bahkan ada yang menyebut bros Chanel Erina seharga Rp 11.500.000 atau setara 5 kali UMK Solo, kota asal mertuanya, Jokowi.


Sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561/57 Tahun 2023 yang berlaku mulai 1 Januari 2024, UMK Solo 2024 yaitu sebesar Rp2.269.070.


Roti Mahal


Melalui Instagram Storynya, wanita yang tengah mengandung anak pertamanya ini terlihat memamerkan potret suaminya, Kaesang dengan roti di sebelahnya.


"Mas Kaesang: Mahal banget roti 400ribu," tulis Erina sembari menunjukkan lokasinya tengah berada di Los Angeles, California.


Tak hanya itu, ia kemudian membagikan momen membeli sebuah stroller bermerek Mima yang diketahui dibanderol dengan harga sekitar Rp 23-30 juta.


"Baby stuff shopping," bunyi caption Erina dalam Instagram Story yang dibagikannya.


Diketahui, Erina Gudono telah terbang ke Negeri Paman Sam untuk melanjutkan studinya di Universitas Pennsylvania, Philadelphia.


Tak sendiri, ia ditemani Kaesang dan juga kakak perempuannya, Nadya Sofia Gudono.


Tiga hal di atas memantik kritik pedas dari warganet terhadap anak dan menantu Jokowi itu.


Sumber: Tribun

Penulis blog