EDUKASI POLITIK TRENDING

FATAL! Netizen Bongkar Disertasi S3 Bahlil Diduga 'Jiplak' Skripsi Mahasiswa UIN Jakarta

DEMOCRAZY.ID
Oktober 20, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
POLITIK
TRENDING
FATAL! Netizen Bongkar Disertasi S3 Bahlil Diduga 'Jiplak' Skripsi Mahasiswa UIN Jakarta



DEMOCRAZY.ID - Bisa lulus cepat dari program doktor Sekolah Kajian Stratejik dan Global-Universitas Indonesia (SKSG-UI), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia, malah dicurigai.


Muncul dugaan kelulusan Bahlil pada Rabu (16/10/2024), bukan hasil perjuangan murni. Namun diduga ada kecurangan di baliknya. 


Ya, wajarlah jika publik mempertanyakan betapa 'sat-setnya' Bahlil bisa menggenggam ijazah S3, dari kampus terkenal. Bahlil tercatat sebagai mahasiswa SKSG UI pada 2022. 


Padahal, jabatannya sebagai Menteri Investasi/BKPM, kemudian lompat menjadi Menteri ESDM dan Ketum Partai Golkar, cukup menyita waktu dan konsentrasi. 


Apalagi Bahlil masuk SKSG UI lewat jalur riset, yang mahasiswanya biasa lulus lebih lama.


Kabar Bahlil meraih gelar doktor dari SKSG UI ini, mengundang reaksi dari warganet di medsos X. Muncul kecurigaan perjokian dan penjiplakan (plagiasi).


Akun X @IbrahimNiar misalnya, mengecek plagiasi disertasi Bahlil menggunakan aplikasi Turnitin, perangkat lunak yang biasa  digunakan untuk mendeteksi plagiarisme dalam karya tulis


Hasilnya, semakin menguatkan dugaan disertasi Bahlil berjudul "Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia", menjiplak karya orang lain.


Ditunjukkan dengan similirity index mencapai 95 persen dengan karya yang ditulis mahasiwa asal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


"Mungkin teman-teman yang dari kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa bantu ngecek di perpustakaan. Adakah judul penelitian yang mirip-mirip?? Btw ini turnitin udah filter exclude quote + biblio turn on ya," tulis X @IbrahimNiar.


Sementara itu, ada netizen yang menelusuri dan menemukan karya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang diduga dijiplak disertasi Bahlil.


Karya mahasiswa itu berjudul 'Pengelolaan Nikel oleh Perusahaan Pertambangan di Indonesia.' 


Karya itu dibuat mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


"Ini pak https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62694

Aku nebak ini karena

1. Kampus yang dirujuk turnitin sama

2. Pembahasannya sama," tulis akun @sigitbagasp.


Warganet lain juga melakukan pengecekan. Termasuk, Hisbulloh Huda lewat akun @hisalbashri, ikut mengecek dan hasilnya sama.


"Saya coba convert dari pdf ke word dulu, lalu saya coba cek lewat akses turnitin temen-exclude quotes & bibliography ON-hasilnya demikian. Barangkali ada yang punya akses turnitin juga, coba bantu cek-in juga untuk cross-check," sambungnya.


Berdasarkan hasil pengecekan itu diketahui, bahwa disertai Bahlil sama dengan skripsi milik mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bernama Pingki Pratiwi berjudul "Environmen Social Governance dalam Implementasi Pengelolaan Nikel oleh Perusahaan Pertambangan di Indonesia."


Skripsi itu ditulis sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana hukum. Selain Bahlil, kasus ini bikin malu UI.


[DOC]



Sumber: Inilah

Penulis blog