PERISTIWA POLITIK

Diangkat Prabowo Jadi KSP, Begini Kisah AM Putranto Bentak Sekjen Parpol, 'Dipaksa' Pensiun dari TNI Sebelum Waktunya

DEMOCRAZY.ID
Oktober 22, 2024
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
Diangkat Prabowo Jadi KSP, Begini Kisah AM Putranto Bentak Sekjen Parpol, 'Dipaksa' Pensiun dari TNI Sebelum Waktunya



DEMOCRAZY.ID - Pada tahun 2000, ia dipercaya menjadi Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 433/Julu Siri di Makassar. 


Putranto juga terlibat dalam berbagai misi internasional, seperti Peace Keeping Command Post Exercise "Cobra Gold" di Thailand pada 2007 dan operasi perdamaian PBB di Lebanon pada 2007-2008. 


Saat masih aktif di TNI, AM Putranto menempati beberapa jabatan strategis. Ia pernah menjadi Danrem 061/Surya Kencana, Pangdivif 1/Kostrad, Pangdam II/Sriwijaya lalu promosi menjadi Komandan Kodiklat TNI AD.


Usai pensiun dari TNI pada tahun 2022, AM Putranto dipercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk Matra Darat Bidang Alutsista.


Kini Putranto diberi jabatan sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia yang bertugas membantu Presiden Prabowo Subianto dalam menjalankan agenda pemerintahan.


Bentak Sekjen Parpol


Saat masih aktif sebagai tentara, AM Putranto memiliki prinsip bekerja sebagai prajurit profesional. Ia menolak ikut berpolitik. 


Dalam buku "Letjen TNI AM Putranto Bekerja Dengan Hati, Profesional, Selalu Bersyukur" dikisahkan bagaimana Putranto saat masih menjadi Dankodiklatad didekati Sekjen salah satu partai politik (parpol).


"Dua kali sang sekjen mendatangi AM Putranto saat masih menjadi Dankodiklatad. Intinya politisi itu ingin AM Putranto lebih dekat dengan salah satu tokoh di negeri ini yang juga ketua umum parpol," tulis Sahrudi dkk.


Sang politisi membujuk AM Putranto dengan mengimingi kenaikan pangkat menjadi jenderal penuh. Kepada Putranto, sekjen parpol itu mengatakan, "Pangkat anda tinggal satu klik untuk menjadi bintang empat."


AM Putranto ternyata tidak tertarik sama sekali terhadap tawaran politisi tersebut. Bahkan pria kelahiran 26 Februari 1964 itu menolak keras permintaan tersebut. 


"Saya bilang yang menentukan itu bukan kalian, yang menentukan Tuhan. Kalaupun pangkat saya saat ini bintang tiga adalah rasa syukur saya, yakin bahwa yang saya lakukan ini bukan karena orang lain, semua itu karena Tuhan," ujarnya dengan nada tinggi. 


Sejak itu sekjen parpol tersebut tidak pernah lagi menghubungi AM Putranto. 


Tak ada penyesalan di hati Putranto menolak tawaran tersebut. Padahal AM Putranto harus pensiun dari TNI sebelum waktunya. 


Putranto pensiun dari TNI ketika usianya masih 55 tahun sementara usia pensiun seorang perwira TNI bisa sampai 60 tahun. Walau harus pensiun sebelum waktunya, Putranto mengaku tetap bersyukur. 


"Bahkan ketika tahu (pensiun) belum waktunya, saya dipeluk istri saya sambil bilang, 'mas sabar mungkin ini yang terbaik buat kita," cerita AM Putranto. 


Sumber: Suara

Penulis blog