EDUKASI POLITIK SHOWBIZ

Alamat Kampus Jadi Tanda Tanya, UIPM Thailand Pemberi Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Akhirnya Buka Suara

DEMOCRAZY.ID
Oktober 01, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
POLITIK
SHOWBIZ
Alamat Kampus Jadi Tanda Tanya, UIPM Thailand Pemberi Gelar Honoris Causa Raffi Ahmad Akhirnya Buka Suara



DEMOCRAZY.ID - Universal Institute of Professional Management (UIPM) akhirnya buka suara terkait heboh kontroversi pemberian gelar kehormatan Honoris Causa kepada Raffi Ahmad.


Ya, pasca pemberian gelar setara doktor kepada Raffi Ahmad, banyak yang menyorot tentang kampus UIPM.


Di media sosial, netizen ramai-ramai mempertanyakan kredibilitas UIPM. Termasuk gedung kampus UIPM Thailand yang dipertanyakan netizen.


Sebab, saat netizen menelusuri alamat kampus tersebut, justru menemukan gedung hotel dan apartemen.


Terkait kontroversi tersebut, Deputy Legal Affairs UIPM Helena Pattirane melalui keterangannya menegaskan jika UIPM Thailand adalah perguruan tinggi terdaftar dan diakui.


Dia menjelaskan, UIPM menjalankan format pendidikan jarak jauh.


"Sehubungan dengan ketidaktahuan para netizen yang menanggapi Saudara Raffi Farid Ahmad mendapat Gelar Doctor Honoris Causa (Dr.HC) in Tourism and Event Management. Keberadaan UIPM dalam menjalankan Pendidikan Tinggi dengan format Pendidikan Tinggi Distance Education ( Pendidikan Jarak Jauh) dan menggunakan system pendidikan Full 100 % Online Learning, Virtual Campus atau Non Real Campus secara Jelas dan dipublikasikan baik di website resmi UIPM," terang Helena.


Dia juga menegaskan, UIPM tersebar di sejumlah negara. Dengan format pembelajaran 100 persen online.


"UIPM didirikan FULL 100% ONLINE. Yang dikelola secara Global Managing, Global Students, dan Global Education. UIPM tersebar di beberapa negara," ucap dia.


Lantaran menjalankan pembelajaran 100 persen online, maka lanjut dia, UIPM tidak memerlukan ruang kampus yang real, seperti kampus-kampus lainnya.


Termasuk kampus UIPM di Thailand, disebut Helena, juga bukan kampus untuk pembelajaran mahasiswa.


"Sebagai perguruan tinggi online, tidak memerlukan kampus real," ucap dia.


Lebih lanjut, dia juga menjelaskan mengenai cabang-cabang UIPM di sejumlah negara. Termasuk UIPM cabang Indonesia yang ada di Bekasi.


Sebelumnya, netizen yang sempat melakukan penelusuran UIPM cabang Indonesia di Bekasi, menemukan sebuah ruangan kecil di lantai 7 Plaza Summarecon Bekasi.


Terkait alamat kampus yang ada di Bekasi itu, Helena menyebut, keberadaan kantor UIPM itu setelah kampus "diberi mandat oleh PBB (United Nations ECOSOC) untuk memantau (observer, monitoring, dan reporter).



SumberJawaPos

Penulis blog