AGAMA ISLAMI

Para Ilmuwan Yakini Kiamat Sudah Dekat, Ini Tanda-Tandanya Menurut Hadits

DEMOCRAZY.ID
September 29, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
ISLAMI
Para Ilmuwan Yakini Kiamat Sudah Dekat, Ini Tanda-Tandanya Menurut Hadits



DEMOCRAZY.ID - Ribuan ilmuwan dari berbagai negara meyakini bahwa kiamat sudah dekat. Para ilmuwan dari 161 negara menanadatangani sebuah makalah tentang kiamat yang diterbitkan di jurnal BioScience.


Makalah tersebut menuliskan peringatan para ilmuan terkait kondisi Bumi yang sedang ada di ambang kehancuran atau kiamat.


"Selama beberapa dekade, para ilmuwan secara konsisten memperingatkan masa depan yang ditandai dengan kondisi iklim ekstrem karena meningkatnya suhu global yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang melepaskan gas rumah kaca berbahaya ke atmosfer," isi makalah tersebut, dikutip dari Oregon State University (OSU).


Lantas, apa saja tanda-tanda kiamat sudah dekat?


Mengutip dari detikcom, buku Kiamat Sudah Dekat karya Dr. Muhammd Al-Areifi memuat tanda-tanda kiamat sudah dekat berdasarkan hadis nabi. Berikut tanda-tanda kiamat sudah dekat.


1. Wafatnya Sahabat Nabi


Menurut hadis riwayat Abi Musa ra., meninggalnya sahabat Nabi adalah salah satu tanda akhir zaman. Sebab, sahabat Nabi adalah 0rang-orang terbaik yang ditinggalkan Rasullah Saw. usai meninggal dunia.


Dalam hadis tersebut, Rasulullah Saw. menyebut sahabat nambi adalah penjaga umat.


"Bintang-bintang adalah penjaga langit. Apabila bintang- bintang sudah tidak ada, maka langit akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuknya. Aku adalah penjaga sahabatku. Apabila aku sudah tiada, maka mereka akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuk mereka. Para sahabat adalah penjaga umat ini. Apabila mereka semua sudah tiada, maka umat ini akan ditimpa sesuatu yang sudah dijanjikan untuk mereka." (HR. Abu Musa ra.)


2. Kematian Akibat Wabah Penyakit


Kematian kelompok manusia karena wabah penyakit menjadi salah satu tanda kiamat.


Auf bin Malik mengatakan, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Hitunglah enam perkara yang akan terjadi menjelang dekatnya Hari Kiamat: Wafatku, penaklukan Baitul Maqdis, kematian yang akan menimpa kalian akibat penyakit yang seperti wabah qu'âsh".


3. Fitnah Merajalela


Tanda kiamat sudah dekat lainnya adalah fitnah yang kian menjadi-jadi.


Buku berjudul Kiamat bisa Datang Nanti Malam? oleh Moh. Hasan, meyebutkan tanda-tanda kiamat, salah satunya banyaknya fitnah di bumi.


Selain itu, Rasulullah dalam hadisnya menyebut bahwa fitnah di bumi bagaikan tanduk setan.


"Ingatkah! Sesungguhnya fitnah akan terjadi di sana! Ingatlah sesungguhnya fitnah itu akan benar-benar terjadi di sana! Suatu saat nanti akan muncul tanduk setan (Kekuatan setan dan para pengikutnya." (HR. Bukhari dan Muslim).


4. Berlomba Membangun Gedung Tinggi


Ibnu Katsir dalam buku berjudul Hura-Hura Hari Kiamat, menyebut salah satu tanda menjelang kiamat dijelaskan dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah.


Kiamat tidak akan terjadi sebelum manusia berlomba-lomba meninggikan gedung-gedung. Kiamat tidak akan terjadi sebelum ada dua golongan besar berperang hebat, padahal keyakinan keduanya sama. 


Kiamat tidak akan terjadi sebelum dicabutnya ilmu, banyak gempa, waktu (terasa) saling berdekatan, banyak huru-hara dan banyak pembunuhan. Kiamat tidak akan terjadi sebelum munculnya dajjal- dajjal pendusta hampir tiga puluh orang banyaknya, masing-masing mengaku dirinya utusan Allah. 


Kiamat tidak akan terjadi sebelum ada seorang lelaki melewati kuburan orang lain lalu berkata, 'Alangkah baiknya andaikan aku menempati tempatmu.ʼ Kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari terbit dari barat. 


Apabila ia telah terbit dan diketahui orang banyak, maka mereka pun beriman semuanya. Tapi waktu itu iman seseorang tidak berguna lagi bagi dirinya, yang sebelumnya tidak beriman, atau (belum) berbuat baik dalam masa imannya. 


Kiamat tidak akan terjadi sebelum harta melimpah ruah di tengah kamu, sampai pemilik harta kebingungan, karena tidak ada orang yang mau menerima (sedekah)nya."


5. Kebodohan Merajalela


Tanda kiamat sudah dekat berikutnya adalah kebodohan merajalela, ilmu menipus, hingga maksiat di mana-mana. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat Anas ra. dari Al Bukhari dan Muslim.


Sesungguhnya di antara syarat-syarat terjadinya Kiamat ialah jika ilmu telah dicabut, kebodohan merajalela, perzinaan tersebar luas, khamer diminum, kaum lelaki hilang (berkurang), tinggal kaum wanita saja, sehingga lima puluh wanita menjadi tanggungan seorang lelaki".


Sumber: InsertLive

Penulis blog