POLITIK TRENDING

Klarifikasi Noel Soal Pemilik Jet Pribadi: Owner Perusahaan Punya Anak, Anak Itu Teman Kaesang

DEMOCRAZY.ID
September 11, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
TRENDING
Klarifikasi Noel Soal Pemilik Jet Pribadi: Owner Perusahaan Punya Anak, Anak Itu Teman Kaesang



DEMOCRAZY.ID - Ketua Umum Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer atau Noel mendapatkan informasi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep berangkat ke Amerika Serikat (AS) karena diajak temannya yang merupakan anak seorang pengusaha dengan jet pribadi.


"Bukan menyewa. Enggak ada. Info yang saya dapat pemilik private jet itu kawannya Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika," kata Noel dalam acara Political Show CNN Indonesia, Senin (9/9) malam.


"Sepertinya yang saya dapat info, perusahaan itu ownernya itu dia punya anak, nah anaknya itu temannya Mas Kaesang," tambahnya.


Meski begitu, Noel tak merinci siapa teman Kaesang yang memiliki jet pribadi tersebut. Ia kembali mengatakan Kaesang kebetulan diajak oleh temannya.


Baginya, kesempatan ini diambil Kaesang ketimbang menggunakan pesawat dengan biaya yang mahal.


"Ya mas Kaesang mumpung daripada naik ini bayar mahal ada yang ajak," tambahnya.


Noel juga membantah jika temannya Kaesang meminjamkan jet pribadinya untuk kebutuhan Kaesang ke AS.


"Bukan meminjamkan. Jadi anak ini yang punya private jet ini mau ke Amerika. Mas kaesang diajak nebeng. Salah atau tidak itu orang itu?" kata Noel.



Jokowi buka suara


Sementara ayah Kaesang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya menekankan seluruh WNI memiliki kedudukan yang sama dalam tatanan hukum Indonesia.


"Ya semua warga negara sama di mata hukum, ya, gitu saja," kata Jokowi usai menonton Timnas Indonesia Vs Australia di GBK, Jakarta, Selasa (10/9).


Setelah merespons pertanyaan terkait Kaesang, Jokowi meninggalkan area tanya jawab dengan awak media.


Kakak Kaesang sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka membantah adiknya menikmati fasilitas pesawat pribadi sebagai bentuk gratifikasi dari Shopee.


Dugaan kerja sama dengan Shopee ini menjadi sorotan terkait dugaan gratifikasi jet pribadi yang digunakan Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu.


"Enggak ada kayak gitu. Ngawur," kata Gibran usai blusukan bareng bakal Paslon Respati Ardi-Astrid Widayani di Kelurahan Jajar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Selasa (10/9).


Publik sempat dihebohkan dengan dugaan penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya Erina Gudono.


Kehebohan ini bermula ketika Erina memposting di Instagram pribadinya. Dia mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval. Jendela itu kayaknya private jet dan berbeda dari pesawat komersil.


Isu kemudian berkembang hingga ke dugaan gratifikasi. Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK berencana meminta klarifikasi kepada Kaesang mengenai hal itu.


Sumber: CNN

Penulis blog