AGAMA

KH Imaduddin Sebut Perdebatan Nasab Telah Selesai: Habib Bukan Keturunan Rasulullah!

DEMOCRAZY.ID
September 14, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
KH Imaduddin Sebut Perdebatan Nasab Telah Selesai: Habib Bukan Keturunan Rasulullah!



DEMOCRAZY.ID - Perdebatan soal nasab Baalwi telah selesai. Ini disampaikan KH Imaduddin Utsman Al Bantani saat menghadiri Haul KH Mahfudz Chasbulloh di Ponpes Al Huda Jetis, Kutosari Kebumen, Senin (9/9/2024). 


Sebabnya, menurut Imad, diskursus itu sudah mencapai kepada kesimpulan bahwa para habaib bukanlah keturunan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diyakini umat selama ini. 


Imaduddin menyampaikan, Ahmad bin Isa yang selama ini diklaim sebagai ayah Ubaidillah, leluhur Baalwi memang terkonfirmasi sebagai keturunan Rasulullah dari sumber data yang ada. 


Tetapi ia tidak menemukan bukti bahwa Ubaidillah adalah anak dari Ahmad bin Isa yang menyambung ke Rasulullah.


Tidak ada kitab sezaman atau yang berdekatan yang membuktikan Ahmad bin Isa yang wafat pada 345 Hijriah memiliki anak bernama Ubaidillah. 


"Dari kitab-kitab sejarah yang ada di Saudi, Irak, Mesir dan Yaman pada abad ke 5 ke 6 gak ada. Katanya Imam Mujtahid Mutlak, tapi gak ada beritanya di kitab sejarah, " katanya.


Tidak adanya kitab sezaman atau yang berdekatan yang memberitakan soal sosok Ubaidillah sebagai anak Ahmad bin Isa menunjukkan nasab baalwi adalah hasil cangkokan. 


Alih-alih kitab sezaman, Imad justru menemukan fakta bahwa penyebutan Ubaidillah sebagai anak Bin Isa dan seterusnya sampai ke Rasulullah baru ditemukan pada kitab yang ditulis di Abad ke 9 Hijriah. 


Padahal, selama kurang lebih 550 tahun sejak Ahmad bin Isa wafat, nama Ubaidillah tidak pernah diberitakan dalam kitab nasab maupun sejarah. 


Dari abad ke 9 Hijriah itu lah, silsilah baalwi yang disebutnya palsu itu terus dibangun dan dikutip pada kitab-kitab generasi selanjutnya. 


Hingga dalam perjalanannya sampai sekarang, berawal dari berita yang ditulis dalam kitab karangan internal baalwi pada Abad ke 9 Hijriah itu, klan baalwi yang kemudian bergelar habib menjadi mashur di masyarakat sebagai keturunan Nabi. Termasuk di Indonesia. 


Hasil penelitian ilmiah Imaduddin ini diperkuat dengan hasil tes DNA sejumlah habib yang ternyata berhaplogroup G. 


Sumber: Tribun

Penulis blog