PERISTIWA POLITIK TRENDING

Ingat Kolonel Ucu Yustiana? Dulu Berani Cegat Jenderal Bintang 4 Mantan Panglima TNI, Begini Nasibnya Kini!

DEMOCRAZY.ID
September 13, 2024
0 Komentar
Beranda
PERISTIWA
POLITIK
TRENDING
Ingat Kolonel Ucu Yustiana? Dulu Berani Cegat Jenderal Bintang 4 Mantan Panglima TNI, Begini Nasibnya Kini!



DEMOCRAZY.ID - Apakah Anda masih ingat sosok Kolonel Inf Ucu Yustiana atau Kolonel Ucu Yustiana?


Pada tahun 2020 lalu, nama perwira menengah Kolonel Ucu Yustiana jadi sorotan usai videonya cegat mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, viral di media sosial.


Saat itu, Kolonel Ucu yang menjabat sebagai Dandim Jakarta Selatan nampak tenang memberi penjelasan kepada Jenderal Gatot.


Ternyata Jenderal Gatot Nurmantyo sempat dicegah masuk ke kompleks pemakaman, karena dianggap tidak melakaksanakan protokol kesehatan Covid-19.


Dalam video tampak Kolonel Ucu Yustiana sempat membungkukkan tubuhnya saat berbicara dengan Gatot.


Padahal Gatot Nurmantyo beberapa kali terpantau berbicara sambil mengacung-acungkan jari telunjuk ke Kolonel Ucu.


Kolonel Ucu mengatakan pihaknya hanya menjalankan tugas dan tidak bermaksud untuk melarang Gatot dan purnawirawan untuk berziarah ke makam pahlawan.



Lantas seperti apa sosok Kolonel Ucu Yustiana dan bagaimana kabarnya sekarang?


Berikut sosok Kolonel Ucu Yustiana dan kabarnya terbarunya!


Sosok Kolonel Ucu Yustiana


Nama lengkapnya Kolonel Inf Ucu Yustiana,.S.I.P. Kolonel Ucu Yustiana merupakan perwira menengah (pamen) TNI dengan tanda pangkat melati tiga.


Dliansir dari Surya.co.id, saat videonya viral tahun 2020, Kolonel Ucu ternyata belum lama menjabat Dandim Jaksel. 


Terhitung, baru tiga bulan ia menjabat Komandan Kodim 0504 Jakarta Selatan.


Perwira infanteri ini mengggantikan seniornya, Kolonel (Arhanud) Tony Aris Setyawan pada 7 Juli 2020 lalu.


Sebelum menjabat Komandan Kodim 0504/JS, Ucu Yustiana adalah Asisten Perencanaan (Asren) Kepala Staf Divisi Infanteri (Kasdivif) 1 Kostrad di Cilodong, Markas Pasukan Infanteri Kostrad TNI AD.


Divisi Infanteri 1 Kostrad adalah Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI AD yang dibentuk secara khusus dan berkedudukan di bawah Panglima TNI.


Di Cilodog, atasan Kolonel Ucu adalah Mayor Jenderal TNI Dedy Kusmayadi.


Dedi pernah menjadi bawahan saat Gatot secara berurutan menjabat Panglima Komando Cabang Srategis Angkatan Darat (2013–2014), Kepala Staf TNI Angkatan Darat (2014–2015).


Tugas pokok pasukan ini sebagai penindak awal terhadap troubel spot yang terjadi di wilayah tertentu untuk melaksanakan operasi berdiri sendiri atau membantu komando operasional lainnya baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP).


Sebelum menjabat sebagai Asren Kasdivif 1 Kostrad, Kolonel Inf Ucu sempat menjabat Komandan Batalyon Infanteri 134/Tuah Sakti (2015-2016).


Kala itu, Gatot masih menjabat Panglima Tentara Nasional Indonesia (2015–2017).


Saat ini Batalyon Infanteri 134/Tuah Sakti berubah nama menjadi Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti yang bermarkas di Kepulauan Riau, Batam.


Batalyon Raider Khusus memiliki kemampuan bertempur di darat maupun di laut, karena disposisi pasukan yang tersebar di pulau-pulau terluar di Indonesia wilayah Kepulauan Riau.


Dapat Jabatan Baru


Pada tahun 2022, Kolonel Ucu Yustiana dipercayakan menjabat Asisten Perencanaan Kodam (Asrendam) Jaya.


Serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto bertempat di Aula Ahmad Yani Makodam Jaya, Selasa (08/02/2022). Kolonel Ucu Yustiana menggantikan Kolonel Inf Erwin.


Selama menjabat sebagai Asrendam Jaya, Kolonel Ucu Yustiana terlibat aktif dalam berbagai kegiatan.


Salah satunya memimpin Rapat Penelitian Data Rencana Kerja dan Anggaran Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2023  di Ruang Rapat Lantai IV Wirahadikusuma, Makodam Jaya, Jakarta Timur.


Potret Kolonel Ucu Yustiana memimpin rapat dibagikan Instagram @kodam_jayakarta, 6 September 2024.

 

 "Asrendam Jaya Kolonel Inf Ucu Yustiana,.S.I.P memimpin Rapat Penelitian Data Rencana Kerja dan Anggaran Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Lantai IV Wirahadikusuma, Makodam Jaya, Jakarta Timur.


Didampingi oleh Pabandya Ren Srendam Jaya Mayor Inf Andit, kegiatan rapat dihadiri oleh perwakilan setiap Satker Kodam Jaya, Korem, Kodim dan Rumah Sakit dibawah Kesdam Jaya yang memaparkan RKA dari masing-masing Satker dan dilanjutkan dengan tanya jawab.


"Saya harap dalam penelitian data ini dilaksanakan dengan baik dan diteliti supaya program - program Rencana Kerja dan Anggaran Ta. 2023 berjalan dengan baik dan lancar serta tertib administrasi", pesan Asrendam Jaya," demikian caption postingan di Instagram @kodam_jayakarta, dilansir Tribun-Timur.com.

 

 Kabar Terbaru Kolonel Ucu Yustiana


Dilansir Tribun-Timur.com dari laman resmi kodamjaya-tniad.mil.id, Kolonel Ucu Yustiana membuka kegiatan Rekonsiliasi Penyusunan Laporan Keuangan Kodam Jaya/Jayakarta Semester I Tahun Anggaran 2024 di Aula Ahmad Yani Makodam Jaya, Kamis (4/1/2024).


Kegiatan yang diikuti perwakilan Pejabat Perencanaan, Logistik dan Unit Akutansi yang memegang Keuangan dimasing-masing Satker Jajaran Makodam, ini bertujuan untuk mendapatkan Laporan Keuangan yang transparan dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.


Rekonsiliasi adalah kegiatan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang valid terkait dengan Pagu anggaran realisasi anggaran dan Aset agar peserta semakin memahami dan memiliki kemampuan dalam mengupload data pada aplikasi E-Recon yang telah disediakan.


Dalam kesempatan itu, Asrendam Jaya Kolonel Ucu Yustiana berharap dalam pelaksanaan kegiatan rekonsiliasi dalam rangka penyusunan laporan keuangan ke depan semakin berkualitas akuntabel dan transparan sesuai dengan sistem akuntansi pemerintah (SAP).


Hadir dalam kegiatan tersebut Kakudam Jaya, Waasrendam Jaya, Irdyaben Itdam Jaya, Pabandyaprog Srendam Jaya, Kabag Akutansi Kudam Jaya, Pabanda simak BMN Slogdam Jaya serta Para Paku Satker Jajaran Makodam Jaya.


Lalu pada Selasa (6/2/2024), Pangdam Jaya melakukan perombakan struktur organisasi. Salah satunya jabatan Asrendam Jaya.


Kolonel Ucu Yustiana menyerahkan jabatan Asrendam Jaya kepada Kolonel Czi Fauzan Fadli, S.E., M.Si.


Serah terima jabatan dipimpin Pangdam Jaya  Mayjen TNI Mohamad Hasan di Aula Sudirman, Jl. Mayjen Sutoyo no 05, Cililitan Jakarta Timur, Selasa (6/2/2024).


Serah terima jabatan merupakan hal yang lazim, dalam tubuh Institusi khususnya di lingkungan Kodam Jaya.


Hal tersebut sebagian dari dinamika tubuh Institusi TNI-AD guna kepentingan pembinaan satuan dan perkembangan karier.


Hal tersebut disampaikan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan dalam sambutanya di saat acara tradisi Korps dan Serah terima Jabatan, Pejabat Makodam Jaya.


Selain Kolonel Ucu Yustiana, ada beberapa pamen juga yang melakukan serah terima jabatan Pamen Kodam Jaya.


Mereka yakni Danbrigkav 1/LA Kolonel Kav Nanak Yuliana, S.E., M.M., CHRMP kepada Letkol Kav Suntoro Wisnu Budi., S.H.,M.Sc., Psc dan Kakesdam Jaya dari Kolonel CKm dr. Ichsan Firdaus,sp.KJ., kepada Kolonel Ckm dr. Hanrizal Satria, Sp.OT..


Ada juga Kajasdam Jaya Kolonel Inf Wwan Yhuda Gunawan kepada Aries Dwiyanto, pa LO AL Kolonel Laut (P) Marwidji Harahap, M.Tr.Opsla., dan Danzipur 11/DW dari Letkol Czi Bambang Santoso S.H. kepada Letkol Czi Janu Hendarto, S.E., serta Dandemzipur 3/ATD Kapten Czi Azis Iswanto, S.S.T., Han.


Dalam kesempatan itu, Pangdam Jaya mengucapkan terima kasih yang tulus dan atas penghargaan yang tinggi, kepada pejabat lama atas tugas jabatanya, dengan segala pengabdian dan dedikasi yang kepada TNI-AD khususnya Kodam Jaya/Jayakarta.


Sumber: Tribun

Penulis blog