POLITIK

INFUS: Setelah Pelantikan Oktober Sangat Mungkin Publik Lakukan Gerakan Pasang Satu Foto!

DEMOCRAZY.ID
September 21, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
INFUS: Setelah Pelantikan Oktober Sangat Mungkin Publik Lakukan Gerakan Pasang Satu Foto!



DEMOCRAZY.ID - Masyarakat Indonesia sudah memberikan hak suara pada Pemilu 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden periode tahun 2024-2029.


Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pengganti Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada Ahad, 20 Oktober 2024. Waktunya tidak lama lagi.


“Ini kan proses pencalonan Gibran masih dianggap sebagai hasil dari pelanggaran etik pamannya saat ketua MK. Juga sebagai bentuk politik tanpa rasa malu (post shame politics) presiden Jokowi yang memaksakan anaknya jadi Wapres, semata-mata untuk politik dinastinya. Nah, ditambah lagi kasus akun fufufafa yang menerpa Gibran.” kata Direktur Eksekutif INFUS Gde Siriana diterima, Senin (17/9/2024).


“Jika ini tidak clear, ini akan terbawa terus nantinya selama Gibran menjabat Wapres.  Orang akan persoalkan terus, akan diungkit-ungkit terus. Maka Gibran, akan jadi Wapres tanpa kehormatan di mata publik.” tambah kandidat ilmu politik ini.


Gde Siriana menilai, setelah dilantik Oktober nanti, sangat mungkin masyarakat akan memberikan sanksi sosial yang keras untuk Gibran.


Ia mencontohkan misalnya dengan gerakan pasang satu foto, hanya presiden Prabowo yang dipasang di kantor-kantor. 


Ini jadi cara perlawanan civil society ketika hukum positif dianggap tidak mempan lagi menegakkan konstitusi.


Diketahui, sebagaimana diberitakan  banyak media penetapan Calon wakil presiden melalui putusan MK menimbulkan pro – kontra hingga akhirnya diselenggarakan Proses Persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum(PHPU) Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) di MK.


Kemudian Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono, menjadi sorotan publik pasalnya, anak mantu Presiden Jokowi menggunakan jet pribadi saat melancong ke Amerika Serika pada pertengahan Agustus lalu. 


Kaesang dan Erina diketahui menggunakan jet pribadi milik perusahaan pengembang game daring Garena.


Publik menunggu tindakan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk memanggil Kaesang dimintai klarifikasi yang dianggap adanya unsur gratifikasi. Hingga kini, KPK belum melakukan untuk klarifikasi Kaesang.


Tak hanya Kaesang, Bobby Nasution  kakak ipar Kaesang dan merupakan mantu Presiden Jokowi menjadi sorotan publik, juga perihal blok Medan, private jet milik pengusaha yang diduga terkait dengan 303.


Beberapa masalah yang terkait dengan anak dan mantu Presiden Jokowi, muncul  belakangan akun Fufufafa yang diduga milik Gibran Rakabuming Raka calon wakil Presiden terpilih 2024 yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024.


Akun fufufafa menjadi sorotan publik pasalnya isi akun tersebut bernada rasis, kasar, kotor yang dialamatkan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto, mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), meski ungkapan akun fufufafa dilakukan beberapa tahun lalu yang terungkap sekarang disaat jelang pelantikan capres cawapres terpilih 2024.


Sumber: JakartaSatu

Penulis blog