AGAMA

Duh! Uskup Katolik dari Australia Salah Sebut Pasar Tanah Abang Sebagai Masjid Istiqlal

DEMOCRAZY.ID
September 04, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Duh! Uskup Katolik dari Australia Salah Sebut Pasar Tanah Abang Sebagai Masjid Istiqlal



DEMOCRAZY.ID - Paus Fransiskus diketahui sudah berada di Jakarta, setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (3/9) kemarin. 


Keberadaan pemimpin umat Katolik dunia di Indonesia untuk menjalankan kunjungan apostolik dan dialog antaragama.


Salah satu agenda yang akan dijalani Paus asal Argentina ini adalah mengunjungi Masjid Istiqlal yang letaknya berdampingan dengan Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, untuk dialog dengan para pemuka agama lain.


Terkait hal ini, salah seorang imam Katolik dari Australia turut menyoroti kemegahan dan keindahan Masjid Istiqlal. 


Sayangnya, ungkapan kekaguman yang ia bagikan di media sosial X justru menuai sorotan publik Indonesia karena salah sasaran.


Imam tersebut ialah Peter A. Comensoli yang merupakan Uskup Agung Melbourne. Ia mengunggah foto yang ia sebuat sebagai Masjid Istiqlal, namun sebagian besar warganet memprotesnya karena foto bangunan tersebut adalah pasar Tanah Abang.


"Foto pertama di siang hari dari Jakarta (dan satu lagi dari kemarin malam di dalam mobil dengan pengawalan polisi). Saya rasa Masjid Istiqlal di salah satu foto, tempat pertemuan lintas agama dengan Paus Fransiskus akan berlangsung," tulis Uskup Agung Comensoli dalam unggahannya, Jumat, (3/9).



Unggahan tersebut menuai beragam tanggapan dari warganet. Mereka mengoreksi pernyataan Uskup Agung Comensoli yang salah sebut Pasar Tanah Abang sebagai Masjid Istiqlal.


"Bukan pak, itu pasar grosir. Itu memang terlihat seperti masjid," komentar salah seorang netizen.


"Romo ini Tanah Abang," sahut netizen lain.


"Itu bukan Masjid Istiqlal, Pak, tapi Masjid Al Arqom di Pasar Tanah Abang. Istiqlal dekat Katedral. Selamat datang di negara kami, Indonesia," komentar netizen lain.


Menanggapi hal itu, Uskup Agung Comensoli lantas mengunggah foto lain yang ia yakini benar-benar Masjid Istiqlal. 


Ia menyoroti adanya tenda terpasang di halaman masjid yang kemungkinan disiapkan untuk acara bersama Paus Fransiskus.


"Sekarang saya punya foto gedung yang tepat, meskipun terhalang oleh tenda untuk persiapan besok. Saya akan mencoba dan mendapatkan foto yang lebih baik jika saya bisa," tulisnya.


Untuk diketahui, Paus Fransiskus akan berada di Indonesia untuk beberapa hari ke depan. Pada hari ini, Rabu (4/9) agenda Paus ialah bertemu dengan Presiden Jokowi serta pejabat negara di Istana. Sedangkan di hari berikutnya, Paus akan berdialog dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi Akbar di GBK.


Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia akan berakhir pada Jumat (6/9) dan melanjutkan kunjungan ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.


Sumber: Suara

Penulis blog