POLITIK

Bobby Bela Adik Ipar Soal Jet Pribadi: Emang Kaesang Pejabat Publik?

DEMOCRAZY.ID
September 04, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Bobby Bela Adik Ipar Soal Jet Pribadi: Emang Kaesang Pejabat Publik?



DEMOCRAZY.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution membela adik iparnya Kaesang Pangarep yang saat ini mendapat sorotan setelah dilaporkan ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) atas dugaan gratifikasi penggunaan fasilitas jet pribadi.


"Coba lihat tanggal berapa (keberangkatan), kepunyaan siapa pesawatnya, pakai dana siapa walaupun itu bukan pesawat sendiri walaupun itu sewa uangnya dari mana silahkan dicek, " kata Bobby Nasution, Selasa (3/9).


Mantu Presiden RI Jokowi itu memastikan fasilitas jet yang dipakai Kaesang bersama istrinya Erina Gudono bukan hasil dari korupsi maupun APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).


"Silahkan dicek, silahkan diperiksa apakah ada bagian uang dari APBD apakah ada uang korupsi, yang pasti saya sampaikan tidak. Saya bisa pastikan bukan dari situ, " ujarnya.


Terkait Kaesang yang dilaporkan ke KPK karena diduga menerima gratifikasi, Bobby menyebutkan bahwa adik iparnya itu bukanlah pejabat publik. Sehingga laporan yang dilayangkan ke KPK salah alamat.


"Kaesang pejabat publik? Setahu saya, Kaesang bukan pejabat publik ya, " ungkapnya.


Bobby juga memastikan bahwa Kaesang tidak melarikan diri dari masalah tersebut. "Kabur gimana? Kok dibilang kabur, " ucap Bobby.


Diketahui, Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono mendapat sorotan setelah menggunakan fasilitas jet pribadi ke Amerika Serikat untuk keperluan Erina yang menempuh pendidikan S2 di University of Pennsylvania.


Semua bermula dari foto jendela pesawat yang diunggah Erina Gudono saat keduanya pergi ke Amerika Serikat. 


Dia mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval. Jendela itu berbeda dari pesawat komersil.


Kaesang dan Erina berangkat ke Amerika dengan memamerkan gaya hidup mewah di tengah aksi demonstrasi menolak pengesahan RUU Pilkada yang mengakomodir keinginan Kaesang maju Pilkada 2024.


Tak hanya itu, Publik mempertanyakan dari mana asal pesawat itu. Jika memang Kaesang menyewanya, hal tersebut dinilai tidak pantas sebagai seorang putra presiden.


Isu berkembang hingga ke dugaan gratifikasi. Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK berencana meminta klarifikasi kepada Kaesang.


Sumber: CNN

Penulis blog