POLITIK

Alami Kekerasan Saat Demo, Iqbal Ramadhan Anak Orang Dekat Soeharto 'Sentil' Gibran & Kaesang Putra Jokowi

DEMOCRAZY.ID
September 03, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Alami Kekerasan Saat Demo, Iqbal Ramadhan Anak Orang Dekat Soeharto 'Sentil' Gibran & Kaesang Putra Jokowi



DEMOCRAZY.ID - Putra Moerdiono dan artis lawas Machica Mochtar, Iqbal Ramadhan angkat bicara soal Presiden Jokowi yang dianggap tengah membangun dinasti politik di Indonesia. 


Di podcast Akbar Faizal Uncensored yang dikutip pada Senin (2/9/2024), aktivis muda tersebut secara khusus menanggapi posisi politik dua anak Jokowi, yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, serta menantunya, Bobby Nasution.


Menurut Iqbal, mereka tak akan memiliki nama yang besar di dunia politik jika bukan berasal dari keluarga Jokowi.  Semula, Akbar bertanya apakah ketiganya mewakili generasi muda atau tidak. 


"Misalnya tentang Gibran dan Kaesang. Mungkin juga Bobby, ya menantunya. Apa yang menurutmu membuatmu merasa dia (mereka) belum atau tidak mewakili generasi muda atas tanggung jawab-tanggung jawab publik yang membuat kalian (demonstrasi) sangat mengkritik dan bersikap esktrem?" tanya Akbar kepada Iqbal.


"Pertama, yang saya lihat, nama mereka tidak akan besar jika tidak ada nama bapak mereka yang berkuasa saat itu," kata Iqbal.


"Apalagi kan dua di antaranya itu sebagai walikota ya Om. Ya jelas Om, dapat anggaran dari pusat, anggarannya kan cukup besar Om ke pemerintah daerah," sambungnya. 


Lebih lanjut, Iqbal menjelaskan bukti nyata di balik ketidakberpihakan ketiga keluarga Jokowi tersebut ke generasi muda. Iqbal berkaca pada demonstrasi yang telah terjadi.


"Saat demo tahun 2019 hingga 2024, tidak pernah satu pun dari mereka menemui massa aksi sedangkan yang demo itu anak muda semua dan aspirasi mereka patut ditimbang. Setiap suara yang keluar dari massa aksi itu memiliki bobot yang berbeda," jelas Iqbal.


Iqbal juga melihat tidak adanya keberanian dari Gibran, Kaesang, maupun Bobby untuk berdialog dengan massa aksi yang didominasi anak muda.


"Yang saya lihat ini, ketiga orang ini tidak berani bertemu massa aksi untuk melakukan dialog. Ya benar mereka bersama komunitas pemuda lainnya tapi kalau kita lihat ke bawah, ini hanya buatan-buatan aja Om," ujar Iqbal.


"Jadi mereka tidak berani bertemu dengan anak-anak muda yang bersebarangan dengan mereka jadi mereka hanya menemui pemuda-pemuda yang menjadi bagian dari mereka," sambung Iqbal.


Sebagai tambahan informasi, nama Iqbal Ramadhan viral usai jadi korban kekerasan aparat keamanan saat ikut aksi unjuk rasa  penolakan RUU Pilkada beberapa waktu lalu.


Iqbal Ramadhan adalah putra Moerdiono,  salah satu orang dekat Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto. Di pemerintahan Soeharto, Moerdiono pernah mengisi jabatan penting. 


[VIDEO]



Sumber: Suara

Penulis blog