HUKUM KRIMINAL POLITIK

10 Negara Paling Korup di Dunia, Indonesia Termasuk?

DEMOCRAZY.ID
September 30, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
KRIMINAL
POLITIK
10 Negara Paling Korup di Dunia, Indonesia Termasuk?



DEMOCRAZY.ID - Transparency International merilis laporan negara-negara paling korup di dunia. Dalam laporan berjudul Indeks Persepsi Korupsi atau Corruption Perception Index (CPI) 2023 menunjukkan, lembaga tersebut menemukan bahwa korupsi merajalela di seluruh dunia.


CPI memberi peringkat pada 180 negara dan wilayah di seluruh dunia berdasarkan persepsi tingkat korupsi sektor publik, dengan skala penilaian 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih).


Sekitar 66 persen dari seluruh negara yang disurvei mendapat skor di bawah 50 dari 100, yang mengindikasikan bahwa mereka memiliki masalah korupsi yang serius.


Menurut laporan tersebut, negara-negara di Eropa Barat dan Uni Eropa mendapat skor yang sangat tinggi, artinya mayoritas negara di kawasan tersebut bersih dari korupsi.


Adapun negara-negara paling korup banyak berada di kawasan Afrika Sub-Sahara.


Berikut adalah 10 negara paling korup di dunia berdasarkan CPI 2023:


1. Somalia - skor 11

2, Venezuela - skor 13

3. Suriah - skor 13

4. Sudan Selatan - skor 13

5. Yaman - skor 16

6. Korea Utara - skor 17

7. Nikaragua - skor 17

8. Haiti - skor 17

9. Guinea Khatulistiwa - skor 17

10. Turkmenistan - skor 18


Berapa Skor Indonesia?


Indonesia mendapat skor 34, yang artinya persepsi publik menunjukkan bahwa budaya korupsi di neger ini masih sangat mengkhawatirkan.


Peringkat Indonesia ini jauh di bawah negara tetangga Singapura yang mendapat skor 83. Negeri Singa tersebut juga mengokohkan diri sebagai negara di Asia Tenggara yang paling bersih dari korupsi.


Adapun negara tetangga lain, seperti Malaysia mendapat skor 50, Vietnam skor 41, Thailand skor 35, dan Filipina dengan skor 34.


Apa Itu Transparency International?


Transparency International adalah sebuah organisasi internasional yang bertujuan memerangi korupsi politik.


Organisasi yang didirikan di Jerman sebagai organisasi nirlaba sekarang menjadi organisasi non-pemerintah yang bergerak menuju organisasi yang berstruktur demokratik.


Publikasi tahunan terkenal yang diluncurkan Transparancy International adalah Laporan Korupsi Global yang penilaiannya diukur dari Indeks Persepsi Korupsi atau Corruption Perception Index (CPI).


Hubungan antara kompetitifnya sebuah negara dan korupsi telah dibahas pertama kali dalam seminar Transparancy International di Praha, Republik Ceko, pada November 1998.


Sumber: Inilah

Penulis blog