POLITIK

Pesan Jokowi ke Basuki: Jangan Sampai Warga Merasa 'Tergusur' Gegara IKN!

DEMOCRAZY.ID
Agustus 03, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Pesan Jokowi ke Basuki: Jangan Sampai Warga Merasa 'Tergusur' Gegara IKN!



DEMOCRAZY.ID - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merangkap Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan sejumlah pesan kepadanya terkait pembangunan IKN di Kalimantan Timur.


Pertama, Jokowi ingin agar proses pembebasan lahan di IKN tidak diwarnai dengan kekerasan. 


Basuki menyebut Jokowi menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penataan IKN.


"Jadi jangan sampai masyarakat merasa tergusur. Tapi kalau bisa kalau memang harus direlokasi dicarikan tempat yang lebih baik," kata Basuki usai rapat perdana bersama Jokowi di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin (29/7).


Kedua, Jokowi juga meminta agar investasi di IKN dikelola dengan cepat dan efisien. 


Presiden mengingatkan pentingnya kelengkapan perjanjian kerja sama (PKS) sebelum melakukan peletakan batu pertama alias groundbreaking selanjutnya.


"Sehingga sekarang kalau dengan PKS mereka sudah mulai membayar kontribusi itu dan kita masukkan dalam rekening sementara yang tidak akan dipakai oleh OIKN. Belum boleh dipakai," kata dia.


Ketiga, Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) akan difokuskan untuk mendukung pengembangan dan menciptakan keramaian di IKN. 


Misalnya, dengan membangun bioskop, gedung teater hingga pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun.


"Termasuk misalnya kebun binatang, maksudnya yang bangun kebun binatang itu ditugaskan nanti kepada BUMO. Jadi sudah lebih jelas lagi," ujar Basuki.


Jokowi Klaim IKN Kerek Ekonomi Kaltim Tumbuh 7 Persen: Tinggi Sekali


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berdampak besar pada perekonomian masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim).


Ia pun meminta publik untuk melihat grafik pertumbuhan ekonomi melalui data Bank Indonesia (BI). Menurutnya, terjadi pertumbuhan ekonomi di setiap kuartal.


"Artinya pembangunan ini juga berdampak pada wilayah di sekitar IKN. Terakhir setahu saya sudah di atas 7 lebih sedikit, tinggi sekali," kata Jokowi dalam video yang diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/7).


Jokowi juga meminta masyarakat maklum apabila pembangunan mega proyek IKN telah mengganggu aktivitas sejumlah masyarakat sekitar.


Namun ia memastikan dampak-dampak tersebut hanya terjadi saat fase-fase pembangunan infrastruktur dasar seperti saat ini saja.


"Ini memang, pertama, masih dalam proses pengerjaan," jelasnya.


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga membantah anggapan terkait pembangunan IKN yang diburu-buru. Ia menegaskan hingga saat ini progres pembangunan IKN sudah sesuai dengan peta jalan yang ditetapkan.


"Banyak (yang) berpikir kita ini ngejar-ngejar. Ndak, kita enggak ngejar-ngejar pekerjaan. Sesuai dengan progres yang ada kok, sesuai dengan rencana-rencana yang ada," kata dia.


Jokowi menyebut sudah ada tahapan-tahapan pengerjaan yang disepakati baik itu fase pertama hingga lanjutan.


Adapun terkait dengan rencana penyelenggaraan HUT RI ke-79 di IKN, ia mengatakan hal tersebut bukan untuk memberikan tekanan kepada pekerja melainkan memberikan semangat.


"Saya kira itu memberikan semangat agar IKN ini bisa selesai sesuai dengan tahapan-tahapan itu," ujar Jokowi.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), secara tahunan ekonomi Provinsi Kaltim tumbuh 7,26 persen pada kuartal I 2024 (yoy).


Dari sisi produksi, lapangan usaha administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 17,44 persen.


Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran lembaga non-profit rumah tangga (LNPRT) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 18,12 persen.


Semua provinsi mengalami pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2024 secara tahunan. Provinsi Kaltim menyumbang kontribusi tertinggi pada penyusunan nilai tambah regional Kalimantan sebesar 48,12 persen.


Sumber: CNN

Penulis blog