DEMOCRAZY.ID - Menjadi yang pertama di Asia Tenggara, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menyebabkan kerugian untuk perusahaan lokal. Kereta cepat yang menjadi penghubung Jakarta dan Bandung memiliki panjang lintasan 142,3 kilometer dengan fasilitas empat stasiun perhentian di sepanjang lintasan. Dengan spesifikasi panjang tersebut, pembangunan proyek KCJB secara keseluruhan menghabiskan dana 6,33 Miliar Dollar Amerika. Pembangunan proyek ini melalui dua waktu pengajuan proposal biaya yang masing-masingnya cukup besar. Pada proposal awal, dana pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung ini diajukan sebesar 5,13 miliar dolar. Proyek ini kemudian mengalami pembengkakan anggaran yang sangat fantastis hingga 1,2 miliar dolar. Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Whoosh) dibanding transportasi lain yaitu mampu menghubungkan Jakarta-Bandung hanya dalam waktu 45 menit saja. Umumnya jika menggunakan transportasi lain perjalanan Jakarta - Bandung menghabiskan 2-4 jam. Adanya proyek
DEMOCRAZY.ID - Menjadi yang pertama di Asia Tenggara, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) menyebabkan kerugian untuk perusahaan lokal. Kereta cepat yang menjadi penghubung Jakarta dan Bandung memiliki panjang lintasan 142,3 kilometer dengan fasilitas empat stasiun perhentian di sepanjang lintasan. Dengan spesifikasi panjang tersebut, pembangunan proyek KCJB secara keseluruhan menghabiskan dana 6,33 Miliar Dollar Amerika. Pembangunan proyek ini melalui dua waktu pengajuan proposal biaya yang masing-masingnya cukup besar. Pada proposal awal, dana pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung ini diajukan sebesar 5,13 miliar dolar. Proyek ini kemudian mengalami pembengkakan anggaran yang sangat fantastis hingga 1,2 miliar dolar. Keunggulan Kereta Cepat Jakarta Bandung (Whoosh) dibanding transportasi lain yaitu mampu menghubungkan Jakarta-Bandung hanya dalam waktu 45 menit saja. Umumnya jika menggunakan transportasi lain perjalanan Jakarta - Bandung menghabiskan 2-4 jam. Adanya proyek