EKBIS POLITIK

Menguak Daftar Kekayaan 7 Presiden RI, Ini Yang Paling Kaya Raya

DEMOCRAZY.ID
Agustus 19, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Menguak Daftar Kekayaan 7 Presiden RI, Ini Yang Paling Kaya Raya



DEMOCRAZY.ID - Sejak kemerdekaan Indonesia hingga 2024, setidaknya Indonesia telah dipimpin tujuh orang Presiden. 


Dari sang proklamator dan presiden pertama Indonesia Soekarno, hingga presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan habis masa jabatannya pada Oktober mendatang.


Setiap presiden memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing. Bukan hanya itu kekayaannya juga berbeda satu sama lain.


Lantas bagaimana kekayaan tiap presiden Indonesia? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber:


1. Soekarno


Tidak diketahui berapa kekayaan Soekarno. Namun catatan koran Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012, yang dikutip detik.com, kekayaan presiden pertama itu sebesar US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).


2. Soeharto


Dengan masa jabatan terlama, 32 tahun, Soeharto diyakini juga memiliki harta yang berlimpah. 


Salah satunya terendus oleh The United States Treasury, yang menyebut adanya perpindahan uang senilai US$9 miliar ke bank di Austria pada 1998.


Transfer uang itu dilakukan saat Soeharto lengser. Dilaporkan semua uang milik presiden kedua Indonesia.


Sebuah lembaga keuangan internasional, Time Warner Inc mengatakan harta Soeharto mencapai US$15 miliar. Termasuk US$9 miliar yang dikirim ke bank di Austria.


3. BJ Habibie


Pengganti Soeharto itu dilaporkan memiliki harta senilai US$60 juta. Laporan tersebut berasal dari media cetak Asia Far Eastern Economic Review.


Harta Habibie berasal dari hak kekayaan intelektual atas berbagai temuan di bidang teknologi dan bisnis di bidang teknologi. 


Kedua anak Habibie, Ilham dan Thareq, disebutkan Globe Asia mencatat kekayaan US$250 juta yang berasal dari sejumlah perusahaan teknologi milik keluarga.


4. Abdurrahman Wahid (Gusdur)


Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001, Gusdur memiliki kekayaan US$3,49 miliar. Ini berasal dari tanah dan bangunan, transportasi, logam mulia, surat berharga, giro dan kas.


5. Megawati Soekarnoputri


Berdasarkan LHKPN tahun 2014, Megawati memiliki harta mencapai Rp 96,16 miliar. Salah satunya berasal dari tanah dan bangunan dengan total Rp 36 miliar.


Selain itu juga ada transportasi sebesar Rp 1 miliar, surat berharga senilai Rp 33 miliar, serta giro dan kas sebesar Rp 1 miliar.


6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)


SBY memiliki kekayaan Rp 13,98 miliar berdasarkan LHKPN tahun 2014. Hartanya berasal dari transportasi dengan nilai mencapai Rp 500 juta, tanah dan bangunan sebesar Rp 5 miliar, serta giro dan kas senilai Rp 6 miliar.


7. Joko Widodo (Jokowi)


Harta Jokowi dilaporkan sebanyak Rp 50,24 miliar berdasarkan LHKPN. Salah satunya berasal dari 20 unit tanah dan bangunan senilai Rp 43,88 miliar.


Selain itu juga ada 12 unit senilai Rp 1,08 miliar dan harta bergerak lain sejumlah Rp 6,1 miliar. Catatan uang Jokowi mencapai Rp 1,19 miliar.


Sumber: CNBC

Penulis blog