POLITIK

Jokowi Dulu Bilang Tinggal di IKN Jauh Dari Stroke, Kini Tak Nyenyak Tidur

DEMOCRAZY.ID
Agustus 03, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Jokowi Dulu Bilang Tinggal di IKN Jauh Dari Stroke, Kini Tak Nyenyak Tidur



DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya berkantor untuk pertama kali di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Senin, 29 Juli 2024. 


Namun, pengalaman berkantor di ibu kota baru itu dirasakan Jokowi dengan tidak bisa tidur nyenyak pada malam sebelumnya. 


Dia pun beralasan hal itu terjadi karena pertama kali menginap di Istana Kepresidenan IKN.


“Tadi malam saya tidur di sini. Enggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya. Ya mungkin pertama kali aja. Masih belum apa ya.. masih belum nyenyak,” kata Jokowi seraya tertawa pada Senin, 29 Juli 2024, dikutip dari keterangan video yang diterima Tempo.


Sebagai informasi, Kepala negara telah sampai di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sejak Ahad, 28 Juli. 


Sesampainya di IKN Nusantara, Jokowi langsung meninjau progres pembangunan jalan tol di IKN Nusantara dengan menggunakan sepeda motor. 


Dia beralasan, kondisi jalan tol dapat lebih dirasakan apabila menggunakan sepeda motor.


“Setelah tadi mencoba jalan itu, paling gampang kalau kita naik sepeda motor akan terasa. Meskipun belum selesai, tetapi Alhamdulillah, tadi lancar dan mulus,” ucap Jokowi dalam keterangannya, Ahad.


Setelah menyelesaikan kegiatannya hari itu, Jokowi pun perdana bermalam di Istana Kepresidenan IKN sebelum memulai hari pertamanya bekerja di ibu kota baru, pada Senin, 29 Juli 2024.


Pengalaman Jokowi yang tidak bisa tidur nyenyak ini berbeda dengan pernyataannya beberapa waktu lalu. 


Sebelumnya, Jokowi pernah mengatakan jika tinggal di IKN Nusantara yang akan dibangun sebagai kota hijau, maka seseorang akan jauh dari penyakit karena pikirannya senang melihat panorama alam yang ada.


Melansir dari Mediation Moments, pikiran yang senang dan positif memang dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. 


Namun pada kenyataannya, pengalaman Jokowi menginap perdana di Istana Kepresidenan IKN ternyata tidak sejalan dengan ucapannya.


“Kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak, mestinya pikirannya senang, (sakit) strokenya menjauh, menurut saya (sakit) jantungnya juga menjauh,” ujar Jokowi dalam acara peletakan batu pertama (groundbreaking) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 20 Desember 2023.


Kata Pengamat Soal Jokowi Tak Bisa Tidur Nyenyak


Menanggapi kabar Jokowi yang tak bisa tidur nyenyak saat pertama kali menginap di Istana IKN, pengamat ekonomi dari UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat buka suara. 


Dia menduga kepala negara tidak bisa tidur nyenyak karena banyak pikiran, terutama ihwal investor yang belum juga menanamkan modalnya di IKN. 


“Banyak pikiran karena investor belum kunjung datang, tapi APBN sudah banyak diinvestasikan,” ucap Achmad, Senin, 29 Juli 2024. 


Menurut catatan Menteri Keuangan Sri Mulyani, APBN yang dikucurkan untuk IKN sejak 2022-Mei 2024 nominalnya mencapai Rp 72,3 triliun. 


Sementara, pemerintah berencana hanya menggunakan 20 persen atau sekitar Rp 90 triliun dari total kebutuhan anggaran pembangunan IKN sebesar Rp 466 triliun.


Pemerintah menargetkan ada investasi masuk untuk membangun ibu kota baru itu. Teranyar, Jokowi juga sudah meneken Perpres Nomor 75 Tahun 2024 tentang Percepatan Pembangunan IKN. 


Beleid itu mengatur pemberian insentif kepada investor, seperti pemberian hak guna usaha (HGU) hingga 190 tahun dan hak guna bangunan (HGB) hingga 160 tahun. Namun, kepastian investasi, apalagi dari investor asing, belum menunjukkan hilalnya. 


“Investor masih ragu proyek ini akan berkelanjutan,” ujar Achmad.


Di sisi lain, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia berdalih bahwa pemerintah memprioritaskan penanaman modal dalam negeri (PMDN) untuk masuk klaster pertama pembangunan IKN. 


Ia mengklaim sudah ada investor asing yang mendaftar untuk berinvestasi di IKN tapi pemerintah belum mengeksekusi, sehingga belum ada konstruksi yang dibangun di sana.


“Klaster kedua, baru masuk asing. Start mereka (investor asing) mungkin November-Desember. Termasuk groundbreaking,” ujarnya di Kementerian Investasi, Senin, 29 Juli 2024.


Sumber: Tempo

Penulis blog