CATATAN POLITIK

'Gagal Total Patung Garuda IKN, Kado 79 Tahun RI?'

DEMOCRAZY.ID
Agustus 16, 2024
0 Komentar
Beranda
CATATAN
POLITIK
'Gagal Total Patung Garuda IKN, Kado 79 Tahun RI?'


'Gagal Total Patung Garuda IKN, Kado 79 Tahun RI?'


Oleh: Dr. KRMT Roy Suryo, M.Kes


Gagal Total ? Ya, Fixed. 1000 persen (baca: seribu persen), alias tidak cukup hanya 100 persen kegagalan Seniman NN dalam mewujudkan hasil akhir desain Patung Garuda dibelakang Istana Garuda di IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara yang awalnya digadang-gadang akan menjadi landmark yang membanggakan, sekaligus Kado istimewa Peringatan 79 tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2024 besok.


Namun apa lacur, bukannya Apresiasi, kekaguman apalagi Pujian yang didapatkan, tetapi mostly. Bahkan bisa disebut semua- komentar yang muncul setelah patung garuda tersebut tampak bentuknya, tidak ada satupun yang memuji bahkan rata-rata mencemooh alias karyanya jadi mem-"bagong"-kan.


Sekarang ini justru NN malah hanya tampak sibuk mengklarifikasi di berbagai media ssebagai konsekuensi hasil karyanya yang menjadi bullyan netizen hingga jadi trending topic diberbagai platform tersebut.


Mulai dari disebut sebagai "Istana Kelelawar", "Rumah Kampret", "Tempat tinggal Voldemort" (Catatan: Sosok Lord Voldemort salahsatu Penyihir Jahat lulusan Hogwarts dalam sekuel Harry Potter karya JK Rowling.


Ini pernah saya ulas dalan tulisan sebelumnya, sebagai sosok jahat yang sangat kejam, licik, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya), hingga sampai ada yg mengatakan "Istana Setan/Iblis" saking muram alias gelapnya.


Selain menyalah-nyalahkan masyarakat yg dianggapnya "tidak mengerti seni dan teknologi" (?), Terwelu.


Dia malah mencontohkan seniman-seniman besar seperti pelukis Rembrandt (Harmenszoon van Rijn), (Vincent Willem) Van Gogh, bahkan Boerhanoedin (Affandi) Koesoema, yang disebutnya karyanya sempat tidak laku pada awalnya dan membingungkan masyarakat, namun kini berharga sangat mahal dipasaran dunia.


Ketika mendengar komentar NN ysng menyalah-nyalahkan orang lain, terus terang malah menjadi kasihan kepada dia, karena tampaknya ingin agar dibanding-bandingkan dengan nama-nama besar itu.


Nyaris mirip sosok yang menderita Waham kebesaran (sampai  Skizofrenia) sebagaimana yang sempat disampaikan juga oleh Dr Reni Suwarso (Dosen UI & Direktur IDESSS) serta Prof Dr HM Amin Rais (UGM) utk orang lain yg ditengarai sudah terjangkit gejala tersebut.


Artinya, kalau hanya satu atau sekelompok kecil saja masyarakat yang tidak memahami karyanya, mungkin saja dia boleh begitu.


Tetapi kalau sampai semua komentar berpendapat minor / negatif terhadap "Patung (?)" itu, siapa yang salah sekarang? Kebetulan selaku Dosen -bahkan SesJurusan- di Fak Seni Media Rekam ISI (Institut Seni Indonesia) selama 10 (sepuluh tahun, 1994-2004), bahkan meraih "Dosen Teladan th 2002", sekaligus akrab dengan Perupa berbagai media, saya cukup mengerti bagaimana menilai & memahami sebuah karya seni.


Memang sebuah karya seni tidak bisa dinilai secara absolut hitam atau putih saja, namun kalau sejak awal sudah sering dijelaskan konsep & rancangannya, kemudian setelah karyanya jadi untuk diimplementasikan ternyata berbeda jauh dengan apa-apa yang pernah digembar-gemborkannya, tentu hal ini yang menjadi catatan kritis terhadap (kegagalan) karyanya tsb.


Maka tidak heran sejak jauh-jauh hari sudah ada banyak protes dari kelompok2 arsitek misalnya Asosiasi Profesi Arsitek Indonesia, Green Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) & Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP) yang sempat speak up tentang rancangan NN.


Salahsatunya ketua Ikatan Arsitek Indonesia, I Ketut Rana Wiarcha, yang menjelaskan perlunya melibatkan masyarakat dlm proses perencanaan, agar menciptakan rasa kepemilikan rakyat, termasuk prosedur tata cara & urutan pembangunan.


Hal ini wajar, karena meski sudah (di) menang (kan) di Sayembara yg diselenggarakan oleh PUPR di tahun 2021, Patung tsb dibuat menggunakan Uang Rakyat alias hasil Pajak Masyarakat & bukan Uang Pribadinya, apalagi menghabiskan beaya sangat besar sampai senilai Rp 2 triliun.


Kalau mau jujur, NN sebenarnya juga tidak konsisten dgn Jejak Digital Desain yang pernah digambarkannya di Instagramnya sendiri.


Karena sebagaimana yang sudah ditulis dan dipublikasikannya di hari Kamis 01/04/2021 lalu, dia jelas-jelas merancang bahwa "bulu-bulu pada masing-masing sayap Garuda akan berjumlah 17 helai, 8 helai pada bagian ekor, 19 helai pada pangkal ekor, serta 45 helai bulu pada bagian leher" kata dia sendiri.


Sekarang bagaimana realisasinya? Karena kalau menurut pandangan mata normal, yg tampak hanya masing-masing 4 (empat) sudut lancip di masing2 "bentangan sayap"-nya.


Kalau ini mau diartikan sebagai angka 4 + 4 = 8 (Agustus), lalu dimana angka 17 dan 45 sebagaimana Lambang Garuda Pancasila? Kalaupun akhirnya dia bilang ini "bukan Garuda Pancasila", terus Garuda apa? Bukankah tujuan Patung itu untuk memvisualkan Lambang Negara tsb, bukan sekedar asal patung saja.


Sekalilagi kalau soal desain (Bangunan berbentuk Burung), sebenarnya juga tidak murni 100 persen orisinal, karena meski berbeda pose-nya, Patung Burung Raksasa sebelumnya sdh ada di Jatayu Earth’s Centre, Negara Bagian Kerala, India.


Memiliki panjang 61 m dgn 21 m & lebar sayap 45 m, sempat membuatnya memperoleh predikat sebagai patung burung terbesar di dunia karena dibuat th 2011.


Patung karya Seniman India Rajiv Anchal ini menceritakan kisah Ramayana dimana Jatayu berjuang melawan Rahwana saat berusaha menyelamatkan Shinta, meski akhirnya kalah dan tinggal satu sayapnya.


Meski lebih besar bangunan Istana Garuda di IKN dgn 177 m dan lengkungan sepanjang 239 m & tinggi 77 m yang dibuat dgn 4650 baja dari PT Krakatau Steel) dan total bobot patung tsb adalah 1.398,3 ton, namun ini harusnya bukan dinilai soal besar-besaran ukurannya saja.


Dengan demikian kalau dari sisi penggambaran akhirnya tidak bisa mencerminkan desain "Garuda Pancasila" sebagaimana karya putera Kalimantan Sultan Hamid II yg digunakan sebagai Lambang Negara kita, terus buat apa Patung besar yang malah menjadi cibiran dan cemoohan masyarakat tersebut?


Sudah biaya sangat mahal, pose-nya merunduk (malu) & samasekali tidak gagah ? (Catatan: bedakan antara "Gagah" dan "Sombong", karena kemarin sempat dicari2 alasan kepala merunduk agar "tidak sombong" katanya).


Demikian juga -katanya- kepala Garuda dibuat tidak menoleh kekanan agar tidak hanya menonjolkan Indonesia bagian barat (?) sebuah alasan yg mengada-ada dan sangat tidak masuk akal selain mau coba ngeles atas kegagalan hasil akhirnya.


Namun masih ada yg disyukuri bahwa meski pernah memperoleh Tanda Jasa Adiutama dari salahsatu kampus di Bandung th 2009, NN kemarin tidak termasuk dalam tokoh2 yg diberi Tanda Jasa dan Penghargaan dari Negara sebagaimana yg didapat oleh Menteri Komunikasi & Informatika Budi Arie Setiadi. ***

Penulis blog