CATATAN POLITIK

'Bagus Juga IKN Untuk Kebun Binatang'

DEMOCRAZY.ID
Agustus 01, 2024
0 Komentar
Beranda
CATATAN
POLITIK
'Bagus Juga IKN Untuk Kebun Binatang'


'Bagus Juga IKN Untuk Kebun Binatang'


Oleh: M Rizal Fadillah 

Pemerhati Politik dan Kebangsaan


IKN semakin tidak jelas meski masih ngotot agar jadi. Alih-alih berbondong-bondong investor datang dan berebut menanam modal, rasa sepi menyelimuti Jokowi. 


Ia merasa perlu ditemani oleh para influencer. Ternyata itupun tetap masih merasa tidak nyaman berada disana. "Gak bisa tidur", katanya. Gelisah dalam bayang-bayang kegagalan. 


Dulu sewaktu meresmikan "Titik Nol" juga Jokowi kesepian dan gelisah hingga memperpendek jadwal untuk nginap di tenda. Teman-teman "influencer jin dan hantu" yang menemaninya tidak membuat dirinya tenang dan nyaman. 


Mungkin genderuwo dan Nyi Roro Kidul lebih senang masuk ke dalam kendi dan nyenyak tidur diatas tanah keramat yang dibawa oleh para Gubernur.


IKN 85 % bakal mangkrak dan gagal. Prediksi IKN akan menjadi kota hantu semakin menguat. Oleh karenanya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berencana membentuk Badan Usaha Milik Otorita (BUMO). Badan ini bertugas "meramaikan" IKN. Konon segera dibuat bioskop dan kebun binatang. 


Nah, kebun binatang mungkin nantinya akan ditetapkan sebagai PSN Proyek Stategis Nasional. Ada ular strategis, gajah strategis dan kodok strategis. Bersuara "cuan, cuan cuan !".


Rupanya instink Basuki sangat kuat, hutan yang dibabat dahulu akan kembali menjadi habitat binatang. 


Biarlah bangunan yang ada nantinya untuk kandang, tentu Istana Presiden harus menjadi kandang singa, atau sekali-kali digunakan sebagai panggung atraksi berbagai jenis binatang. 


Jokowi boleh juga berkebun di area sana dan dipastikan bisa tidur nyenyak bersama kodok-kodok strategis nasional.


"Penajam Park Zoo" bagus juga. Usul nih, pak Jo namanya mohon dipertimbangkan. Penghuninya berbaur dengan binatang politik "zoon politicon". 


Merujuk pada khutbah Kyai Hasyim Asy'ari Al KPU-iyah maka disana  berkeliaran manusia-manusia yang berbaju binatang. Serakah, mau menang sendiri, penipu, pengkhianat, pemakan sesama, tak peduli, keji dan arogan.


Setelah "soft ngantor" di IKN bersama tim influenza eh influencer rupanya bukan hanya tidak nyenyak tidur tapi juga tidak betah tinggal di "hutan" berpenduduk "jadi-jadian" akhirnya setelah dua hari di IKN, Jokowi kembali ke Jakarta. 


Enakan di Jakarta ya oom ? Memang cocok jika IKN hanya menjadi tempat wisata dengan Kebon Binatang sebagai icon nya.


Soft ngantor dengan fokus perhatian dan pemberitaan pada Istana Presiden menggambarkan IKN ini memang bukan kepentingan rakyat tetapi kepentingan Presiden. 


Nafsu raja atau implementasi dari feodalisme atau  jokowisme dalam bentuk bangunan-bangunan lucu. Pamer pemborosan dan kekonyolan sang penguasa negeri.


IKN adalah proyek skandal Jokowi, kongkalikong DPR, kolaborasi China, serta penggusuran budaya.  Mesti dibatalkan. 


Indonesia butuh prioritas program yang lebih  memihak pada kebutuhan rakyat nyata. IKN mercusuar brutal yang hanya mimpi, mainan dan monumen dari ketidakbecusan Jokowi.


Kebun binatang "Penajam Park Zoo" ya Pak Jo.

Penulis blog