POLITIK

Prabowo Tak Mau Dilantik di IKN, Pengamat Sebut Indikator Keraguan Pindah Ibu Kota

DEMOCRAZY.ID
Juli 15, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Prabowo Tak Mau Dilantik di IKN, Pengamat Sebut Indikator Keraguan Pindah Ibu Kota



DEMOCRAZY.ID - Presiden terpilih Indonesia, Prabowo Subianto, diduga tidak yakin untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara. Perasaan tidak yakin itu berasal dari Pengamat Politik, Refly Harun.


Walaupun merasa Prabowo tidak yakin untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), namun, Refly berharap perasaannya itu tak terjadi.


Ia sendiri membeberkan ada satu indikator yang menimbulkan perasaan tak yakinnya tersebut. 


Yakni, soal keengganan Prabowo untuk dilantik sebagai Presiden Indonesia di IKN pada 20 Oktober nanti.


"Saya tidak yakin Prabowo Subianto akan memindahkan ibu kota negara sampai kapanpun, mudah-mudahan saya salah, tapi satu indikator yang harus dihitung adalah yaitu dia tidak mau dilantik di IKN," ucapnya, Senin (15/07/2024).


Menurut ahli hukum tata negara itu, arti Prabowo tak mau dilantik di IKN yaitu, dirinya tidak mempunyai keinginan mendukung dan mempercepat pembangunan ibu kota baru tersebut.


"Artinya dia tidak berkeinginan untuk menggenjot pembangunan agar siap untuk pelantikan dirinya pada tanggal 20 Oktober," sambungnya.


Untuk diketahui, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilakukan di Jakarta, bukan di IKN.


Wakil Ketua MPR sekaligus Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menegaskan, pelantikan tersebut akan dilakukan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.


"Pelantikan di Senayan," kata Muzani kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/06/2024) lalu.


Kemudian, ia mengatakan, Prabowo akan hadir dalam Upacara 17 Agustus yang akan digelar di IKN, dirinya pun demikian. 


"Insyaallah, Pak Prabowo (upacara) ke IKN. Ya nggak tahu (pimpinan MPR semua atau tidak ikut upacara di IKN). Kalau saya Insyaallah ke IKN," tandasnya.


Sumber: Suara

Penulis blog