'Prabowo Berkuasa, Sanak Famili dan Kolega Mulai Kuasai Perusahaan Negara' - DEMOCRAZY News
CATATAN POLITIK

'Prabowo Berkuasa, Sanak Famili dan Kolega Mulai Kuasai Perusahaan Negara'

DEMOCRAZY.ID
Juli 23, 2024
0 Komentar
Beranda
CATATAN
POLITIK
'Prabowo Berkuasa, Sanak Famili dan Kolega Mulai Kuasai Perusahaan Negara'


'Prabowo Berkuasa, Sanak Famili dan Kolega Mulai Kuasai Perusahaan Negara'


Penempatan politisi ke posisi komisaris di BUMN kembali menjadi sorotan, paling baru hari ini Selasa (23/7/2024) Burhanuddin Abdullah dan Andi Arief secara resmi diumumkan menjadi Komisaris Utama dan Komisaris Independen PT PLN Persero.


Burhanuddin sendiri merupakan politikus senior Gerindra. Pada Pemilu 2024 dia menjadi Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024. Sementara, Andi Arief merupakan salah satu petinggi Partai Demokrat yang merupakan partai pendukung pemerintah yang baru.


Penunjukan Burhanuddin dan Andi Arief menambah daftar panjang politisi yang menduduki kursi komisaris di berbagai BUMN usai Prabowo Subianto menjadi Presiden terpilih pada Pemilu 2024.


Berikut beberapa nama yang menjadi komisaris perusahaan BUMN:


Simon Aloysius Mantiri


Simon Aloysius Mantiri dikukuhkan langsung menjadi Komut Pertamina dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 PT Pertamina (Persero) yang dilaksanakan pada Senin (10/6/2024).


Simon Aloysius mengisi kekosongan jabatan Komisaris Utama Pertamina yang sebelumnya dijabat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Seperti diketahui, Ahok mundur dari Komisaris Utama Pertamina pada Jumat, 2 Februari 2024 lalu.


Saat Pilpres 2024, Simon juga peran penting dalam kampanye pemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pria asal Tomohon, Sulawesi Uatara ini merupakan Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran. Selain memegang urusan duit paslon Prabowo-Gibran, Simon juga aktif berkampanye langsung di Sulawesi Utara


Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID yang diadakan pada hari Senin (10/6/2024), Fuad Bawazier resmi ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) yang baru.


Fuad Bawazier bukan orang sembarangan di dunia ekonomi dan keuangan. Sosoknya dikenal sebagai mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII era Presiden Soeharto di tahun 1998.


Dia merupakan Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran, di bawah arahan Ketua Dewan Pakar Burhanuddin Abdullah. Fuad bergabung dengan Gerindra pada tahun 2014 yang lalu.


Grace Natalie


Grace Natalie Louisa, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), resmi dilantik sebagai Komisaris PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) pada Senin, 10 Juni 2024. Pengangkatan Grace sebagai komisaris MIND ID ini dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan.


MIND ID merupakan holding BUMNpertambangan yang membawahi sejumlah perusahaan tambang besar di Indonesia, seperti PT Freeport Indonesia, PT Antam Tbk, dan PT Bukit Asam Tbk.


Grace sendiri sebelumnya merupakan petinggi dan pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai pendukung Prabowo-Gibran.


Isra Daming Pramulya


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, resmi mengangkat Isra Daming Pramulya sebagai Komisaris PT Brantas Abipraya (Persero), perusahaan konstruksi milik negara.


Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-220/MBU/07/2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Brantas Abipraya (Persero).


Sebelumnya, Isra Daming Pramulya dikenal sebagai Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Sulawesi Barat. Beliau juga aktif sebagai relawan Prabowo-Gibran.


Fauzi Baadilla


Aktor kenamaan Indonesia, Fauzi Baadila, baru saja resmi ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT Pos Indonesia (Persero) dalam Rapat Umum Pegan Saham Tahunan (RUPS) yang diadakan pada Kamis (18/7/2024).


Penunjukan Fauzi Baadila ini menuai berbagai respon, mengingat latar belakangnya yang lebih dikenal sebagai aktor dibandingkan dengan profesional di bidang bisnis atau keuangan.


Dia sempat ditunjuk oleh Partai Gerindra sebagai Koordinator Penggalang Pendukung Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024 yang lalu. Namanya juga tercatat sebagai Wakil Komandan Golf (Relawan) dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang diumumkan pada 6 November 2023 silam.


Burhanuddin Abdullah


Terbaru adalah, Burhanuddin Abdullah baru saja ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero) hari ini. Dia menggantikan posisi Agus Martowardojo.


Burhanuddin Abdullah sendiri sudah cukup malang melintang di Partai Gerindra. Terakhir sebagai politisi senior, dia dipercaya menjadi Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.


Petinggi Partai Demokrat, Andi Arief, kini menyandang jabatan komisaris PT PLN (Persero). Dia ditunjuk menjadi Komisaris berbarengan dengan Burhanuddin Abdullah.


Pada Pemilu 2024 ini, Andi Arief menyandang posisi Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat. Andi juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat sejak tahun 2015. Demokrat sendiri mendukung Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.


Sumber: Suara

Penulis blog