Waduh! Media Prancis, Hongkong dan Peneliti Asing Soroti Kondisi Kesehatan Prabowo, Sebut Tak Mampu Jadi Presiden Indonesia Selama 5 Tahun - DEMOCRAZY News
GLOBAL POLITIK TRENDING

Waduh! Media Prancis, Hongkong dan Peneliti Asing Soroti Kondisi Kesehatan Prabowo, Sebut Tak Mampu Jadi Presiden Indonesia Selama 5 Tahun

DEMOCRAZY.ID
Juli 03, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
POLITIK
TRENDING
Waduh! Media Prancis, Hongkong dan Peneliti Asing Soroti Kondisi Kesehatan Prabowo, Sebut Tak Mampu Jadi Presiden Indonesia Selama 5 Tahun



DEMOCRAZY.ID - Media Asing menyoroti kesehatan Prabowo Subianto seusai menjalani operasi yang disebut mempertaruhkan nyawa.


South China Morning Post turut memberitakan kesehatan Prabowo melalui artikelnya yang diunggah pada Senin (1/7).


Dalam Bahasa Indonesia, artikel itu berjudul 'Apakah Prabowo Subianto Layak Memimpin Indonesia? Operasi memicu spekulasi kesehatan'.


Media asal China itu menuliskan rumor kesehatan Prabowo mencerminkan kecemasan yang memungkinkan Gibran Rakabuming Raka akan mengambil alih jabatan.


Artikel tersebut juga mengutip pernyataan dari analis politik di Badan Riset dan Inovasi Nasional yang berpusat di Jakarta, Wasisto Raharjo Jati.


Dikatakannya masalah kesehatan Prabowo memang menjadi perhatian utama di kalangan politik dalam beberapa bulan terakhir.


Namun di saat yang sama, Prabowo berupaya menyangkal rumor tersebut dengan memamerkan aktivitas olahraganya.


Media asal China itu juga mengutip pernyataan seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Indo-Pasifik di Universitas Murdoch di Perth, Ian Wilson.


Ia mengatakan sejumlah pihak khawatir terkait kesehatan Prabowo hingga dan kapasitasnya untuk memerintah Indonesia selama lima tahun ke depan.


Jika Prabowo tidak mampu menyelesaikan masa jabatannya selama lima tahun, maka Gibran yang berusia 36 tahun akan menggantikan Prabowo.


"Hal ini diperburuk oleh kurangnya pengalaman wakil presiden terpilih, yang secara otomatis akan menjadi presiden jika tidak ada Prabowo," tambahnya.


Diketahui, jika Prabowo tidak mampu atau tidak dapat menyelesaikan masa jabatan lima tahunnya, pasangannya, wakil presiden baru, Gibran Rakabuming Raka diharapkan akan menggantikannya. 


Gibran, 36 tahun, adalah putra tertua Presiden petahana Widodo dan saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo.


Sementara itu, Media Prancis Agence France Presse (AFP) dalam artikelnya berjudul 'Indonesia president-Elect Recovering from Leg Surgery: Spokesman', menjelaskan bagaimana juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyampaikan bahwa operasi yang dijalani oleh Prabowo berhasil. Saat ini, Dahnil menyebut Prabowo telah kembali bekerja.


"Alhamdulillah sekarang sudah fit sekali. (Kakinya) sudah sembuh dan sudah jauh lebih baik," kata Dahnil dikutip Senin (1/7/2024).


"Sejak itu ia melanjutkan tugasnya sebagai menteri pertahanan dan menghadiri perayaan ulang tahun kepolisian Indonesia pada hari Senin," ujarnya.


AFP juga melaporkan bahwa Prabowo sempat mengunggah kondisinya saat dijenguk Presiden Joko Widodo (Jokowi). 


Dalam akun Instagramnya, ia menyebut telah menjalani operasi besar terkait cedera pada kaki kirinya yang dideritanya saat insiden terjun payung dalam penugasannya di militer pada tahun 1980-an.


"Saya sadar dan memahami bahwa tindakan medis yang saya jalani penuh dengan resiko bagi nyawa saya, saya jamin semua ini untuk Negara dan Bangsa," tulis Prabowo dalam postingan tersebut.


"Alhamdulillah, 1 minggu lalu tim dokter berhasil melakukan perawatan medis untuk memulihkan cedera yang saya alami. Insya Allah kedepannya saya akan lebih siap lagi mengabdi pada negara dan masyarakat Indonesia," imbuhnya.


Sumber: Tribun

Penulis blog