EKBIS

Jokowi Ingin Kelapa Diolah Jadi Bahan Bakar Pesawat Terbang, Emang Bisa?

DEMOCRAZY.ID
Juli 22, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Jokowi Ingin Kelapa Diolah Jadi Bahan Bakar Pesawat Terbang, Emang Bisa?



DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Konferensi dan Pameran Kelapa Internasional (Cocotech) ke-51 Tahun 2024 di Surabaya, Jawa Timur. Jokowi mengusulkan kelapa diolah menjadi bahan bakar pesawat.


"Saya banyak melihat limbah kelapa sekarang jadi bio energy. Ini penting saya kira ke depan, ini terus bisa dikembangkan. Kemudian kelapa juga bisa menjadi bio avtur. Ini juga jadi pekerjaan besar kita agar penggunaan ini bisa semakin meningkat dan diminati negara-negara lain," ujar Jokowi dalam video yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/7/2024).


Jokowi mengatakan Indonesia memiliki luas lahan kelapa 3,8 juta dengan produksi 2,8 juta ton per tahun. Menurut Jokowi, jumlah tersebut sangat besar.


"Yang berpotensi berproduksi besar itu adalah provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Riau," kata Jokowi.


"Ekspor kita juga bukan jumlah yang kecil, 1,55 billion USD itu juga angka yang besar, dan bisa kita tingkatkan lagi kalau kita serius, kalau kita mau menseriusi urusan yang berkaitan dengan kelapa," kata Jokowi.


Jokowi berpesan untuk meningkatkan produksi kelapa dan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah. Menurut Jokowi, kualitas bibit kelapa sangat penting.


"Kedua, pemeliharaan dan perawatan itu sangat penting," katanya.


Konferensi soal kelapa tersebut, jelas Jokowi, sangat penting bagi Indonesia sebagai produsen kelapa terbesar kedua di dunia. 


Indonesia, tambahnya, berkepentingan untuk mengenalkan potensi besar kelapa kepada dunia.


"Saya mengajak seluruh komunitas kelapa internasional untuk bersinergi memajukan industri kelapa yang berkelanjutan, yang mendukung ekonomi hijau dunia," jelasnya.


Sumber: Detik

Penulis blog