'Jokowi Foya-Foya di IKN' - DEMOCRAZY News
Beranda
CATATAN
POLITIK
'Jokowi Foya-Foya di IKN'


'Jokowi Foya-Foya di IKN'


Judul yang saya pilih ini mungkin terdengar keras, tetapi ini adalah cara saya menyampaikan ketidakpuasan terhadap hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini.  


IKN tampaknya hanya akan menguntungkan segelintir orang sementara rakyat biasa tidak merasakan manfaatnya. 


Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke IKN pada 28 Juli 2024, kita dapat melihat betapa megahnya fasilitas yang sedang dipersiapkan untuk pejabat-pejabat tinggi. 


Mereka adalah segelintir orang saja, yang akan bekerja disana. Sementara rakyat kapan akan merasakan dampak signifikan dari proyek ambisius ini.


Menurut Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M Yusuf Permana, Presiden Jokowi akan melakukan sejumlah aktivitas selama kunjungannya ke IKN. 


Kegiatan tersebut termasuk peresmian Jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, peninjauan jalan tol IKN, serta pengecekan kesiapan kantor Presiden dan Istana Negara. 


Ini adalah langkah-langkah penting dalam proses pembangunan IKN, namun pertanyaannya adalah, siapa yang benar-benar merasakan manfaat dari semua ini?


Presiden Jokowi juga direncanakan akan menginap di IKN selama satu hingga dua hari, didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni, dan pejabat lainnya. 


Kunjungan ini menunjukkan komitmen pemerintah terhadap proyek IKN, namun kita perlu bertanya, apakah komitmen ini sebanding dengan investasi yang dikeluarkan? 


Apakah kita akan melihat dampak positif yang signifikan bagi masyarakat luas, atau proyek ini hanya akan menjadi simbol kemewahan bagi para elit?


Saat ini, banyak yang merasa bahwa dana yang dikeluarkan untuk proyek ini terlalu besar jika dibandingkan dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. 


Selain itu, dengan adanya fasilitas mewah yang disiapkan untuk pejabat, tidak dapat dipungkiri bahwa ada perasaan bahwa rakyat hanya menjadi penonton dalam proyek besar ini. 


Rakyat tidak mendapatkan manfaat langsung dan masih harus menunggu kapan IKN akan benar-benar memberikan dampak yang positif.


Apakah benar IKN akan membawa perubahan besar bagi bangsa dan negara ini?


Atau akankah proyek ini hanya menghambur-hamburkan dana rakyat tanpa memberikan manfaat yang jelas? 


Kunjungan Presiden ke IKN besok mungkin akan memberikan gambaran lebih jelas tentang sejauh mana proyek ini berjalan, namun masyarakat tetap harus menunggu dan melihat apakah investasi besar ini akan benar-benar memberikan keuntungan bagi mereka, ataukah hanya menjadi simbol kemewahan dan pemborosan anggaran. ***

Penulis blog