POLITIK

[INFO] Jokowi Batal Pindah Kantor ke IKN Bulan Ini, Terkendala Infrastruktur Belum Siap

DEMOCRAZY.ID
Juli 08, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
[INFO] Jokowi Batal Pindah Kantor ke IKN Bulan Ini, Terkendala Infrastruktur Belum Siap

[INFO] Jokowi Batal Pindah Kantor ke IKN Bulan Ini, Terkendala Infrastruktur Belum Siap


DEMOCRAZY.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut belum ada rencana pindah kantor ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam waktu dekat. Hal itu lantaran infrastruktur belum siap.


"Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum?  Tempatnya sudah siap belum? Kalo siap, pindah," kata Jokowi usai menyerahkan bantuan kemanusiaan di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin, 8 Juli 2024.


Jokowi mengatakan sudah mendapat laporan dari Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono soal pembangunan di IKN. Dari laporan itu, pembangunan kantornya belum sepenuhnya rampung. 


"Sudah (terima laporan) dari PUPR tapi belum (siap)."


Awalnya Jokowi merencanakan untuk pindah kantor ke IKN pada Juli 2024. Operasional presiden akan berpindah seiring rampungnya pembangunan tahap pertama gedung-gedung pemerintah. Pemerintah merencanakan untuk menggelar upacara 17 Agustus tahun ini di IKN.


Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga sebelumnya menyebut progres pembangunan kantor kepresidenan sudah mencapai 92 persen. 


Satgas menargetkan proyek ini selesai pekan kedua Juli 2024, sehingga siap digunakan saat perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.


Danis menuturkan, bilah sayap Garuda sudah dipasang dan selesai sekitar tiga hari lalu. 


Saat ini, pekerjaan yang masih berlangsung adalah pemasangan sayap di sisi ujung kanan dan kiri.


"Masalahnya, hujan. Itu kan di ketinggian, ada (potensi) hujan dan petir," kata Danis ketika ditemui di Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 5 Juli 2024. 


"Mudah-mudahan selesai pekan depan, tergantung cuaca."


Selain kantor presiden, Danis menuturkan proyek yang akan selesai akhir bulan ini, antara lain kawasan Istana, area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, Beranda Nusantara. 


Gedung lain, seperti Sekretariat Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara, juga bisa difungsionalkan sebagian.


[FLASHBACK] Jokowi: Insyaallah Juli Saya Mulai Berkantor di IKN


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan infrastruktur tahap I Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 80%. Jokowi akan mulai berkantor di IKN pada Juli mendatang.


Hal itu diungkap Jokowi dalam keterangan video yang diunggah di akun Instagramnya, Rabu (5/6/2024). 


Jokowi telah meninjau pembangunan Istana Negara di IKN dan lapangan yang akan digunakan untuk upacara HUT RI 17 Agustus.


"Hari ini saya meninjau kesiapan lapangan upacara yang akan digunakan untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN)," tulis Jokowi.


Jokowi mengatakan persiapan upacara sudah hampir selesai. Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur tahap pertama. Jokowi lalu mengatakan akan mulai berkantor di IKN pada Juli.


"Persiapan sudah hampir selesai, begitu pula dengan progres pembangunan sejumlah infrastruktur tahap pertama di IKN yang sudah berjalan sekitar 80 persen. Insyaallah, bulan Juli mendatang pun saya akan mulai berkantor di IKN," ucapnya.


Minat Investasi ke IKN 


Jokowi menyebut minat investasi di Kawasan IKN terbilang tinggi. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah infrastruktur seperti gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tiga bank pemerintah, yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk. 


“Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya di mana agar ekosistem ini segera terbentuk,” kata dia.


Presiden turut menyampaikan optimismenya bahwa IKN akan menjadi kota yang hidup dalam satu dekade ke depan. 


“Kita perkirakan dalam 10 tahun kota ini akan menjadi kota yang hidup, yang dihuni oleh masyarakat kita,” imbuhnya.


Sumber: Tempo

Penulis blog