EDUKASI EKBIS

Duh! Anggaran Kementan dan Bapanas Turun Triliunan Buat Makanan Bergizi Gratis

DEMOCRAZY.ID
Juli 31, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
EKBIS
Duh! Anggaran Kementan dan Bapanas Turun Triliunan Buat Makanan Bergizi Gratis



DEMOCRAZY.ID - Pagu anggaran Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) turun untuk tahun 2025. 


Penurunan anggaran di dua kementerian-lembaga (K/L) tersebut disinyalir untuk program makan bergizi gratis presiden terpilih Prabowo Subianto.


Hal ini disampaikan Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy, ia mengungkap bahwa pagu indikatif Bapanas 2025 sebesar Rp 329,9 miliar, turun 25,45% dari pagu reguler 2024 non-bantuan pangan.


"Jadi anggaran 2025 ini turun bapak/ibu sekalian sekitar 25,45%," kata Sarwo Edhy dalam sambutannya dalam agenda 'Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Ketahanan Pangan 2025' di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2024).


Namun, ia mengatakan bukan hanya Bapanas yang anggaran pagu indikatifnya turun pada 202


Salah satu anggaran kementerian di bidang pangan lain yang turun besar adalah Kementan sekitar Rp 6 triliun.


Oleh sebab itu, Sarwo Edhy menilai penurunan anggaran berkaitan erat dengan rencana program makan bergizi gratis yang bakal dieksekusi pemerintahan mendatang.


"Jadi bukan hanya Bapanas saja yang turun, tetapi hampir seluruh kementerian/lembaga anggarannya 2025 ini turun, mungkin persiapan untuk persiapan program bapak presiden yang baru berkaitan dengan makan gratis, karena kementerian pertanian juga turun dari Rp 14 triliun menjadi Rp 8 triliun, jadi memang turunnya sangat signifikan sekitar Rp 6 triliun," jelas dia.


Meskipun demikian, untuk 2025, Sarwo Edhy menjelaskan, pihaknya akan berupaya meminta anggaran tambahan Rp 20 triliun untuk bantuan pangan dan non-bantuan pangan.


"Jadi memang ini turun tapi kita masih ada pagu indikatif bantuan pangan sekitar Rp 20 triliun yang akan kita usulkan," ujarnya.


Sumber: CNN

Penulis blog