AGAMA

Daftar Nama dan Jabatan 5 Nahdliyin Yang Menghadap Presiden Israel

DEMOCRAZY.ID
Juli 16, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Daftar Nama dan Jabatan 5 Nahdliyin Yang Menghadap Presiden Israel



DEMOCRAZY.ID - Lima orang kelompok muda Nahdlatul Ulama (NU) atau nahdliyin bertemu Presiden Israel Isaac Herzog belum lama ini. 


Pertemuan itu memicu sorotan hingga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya buka suara.


Kelima nahdliyin itu adalah Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, Syukron Makmun dan Izza Annafisah Dania.


Gus Yahya mengatakan kelima orang itu mempunyai latar belakang yang berbeda, di antaranya dosen hingga pengurus lembaga di bawah PBNU.


"Ada lima orang. Ada satu dosen Unusia(Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia). Ada satu Pagar Nusa. Ada dua orang dari Fatayat. Ada satu dari PWNU DKI," kata Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (16/7).


Gus Yahya menyebut lima nahdliyin itu didekati satu per satu untuk diajak berangkat ke Israel. Menurutnya, agenda mereka sekadar pertemuan dan dialog dengan berbagai pihak.


"Katanya tanpa agenda pertemuan dengan Presiden Israel sebelumnya. Dan itu mendadak dilakukan di sana. Saya rasa ini tak ketahuan teman-teman semuanya. Mungkin karena belum cukup umur atau gimana. Ini akibat tak sensitifnya pihak-pihak," ujarnya.


Berikut daftar nama dan latar belakang lima Nahdliyin yang menghadap presiden Israel:


1. Zainul Maarif


Zainul Maarif adalah dosen tetap di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). Dia mengajar filsafat dan program studi Sejarah Peradaban Islam. Dia juga menjabat sebagai Lektor di universitas tersebut.


Zainul menempuh pendidikan di Universitas Al Azhar. Kemudian melanjutkan pendidikan S-2 Ilmu Filsafat di Universitas Indonesia dan meraih gelar Magister Humaniora pada 2006. Lalu, dia mengambil pendidikan S-3 di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara dan mendapat gelar Doktor pada 2022.


2. Munawar Aziz


Munawar Aziz adalah Sekretaris Umum (Sekum) PP Pagar Nusa, ikatan pencak silat NU. Selain itu, dia juga diketahui Sekretaris Pengurus Cabang Internasional (PCI) Nahdlatul Ulama United Kingdom. Dia juga aktif menulis kolom.


3. Izza Annafisah


Izza Annafisah aktif di PP Fatayat NU, organisasi pemudi atau perempuan otonom di bawah PBNU.


4. Nurul Bahrul Ulum


Nurul Bahrul Ulum juga aktif di PP Fatayat NU. Dia adalah istri Marzuki Wahid, dosen di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sekaligus Rektor Institut Studi Islam Fahmina (ISIF). Nurul juga aktif menulis. Terutama soal gender dan keberagaman agama.


5. Syukron Makmun


Syukron Makmun adalah Wakil Ketua PWNU Banten. Dia kerap bicara soal keagamaan di berbagai platform online.


Sumber: CNN

Penulis blog