EKBIS GLOBAL

[BREAKING] McDonald's Melaporkan Penurunan Penjualan Global Pertama Sejak Tahun 2020, Efek Boikot?

DEMOCRAZY.ID
Juli 30, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
GLOBAL
[BREAKING] McDonald's Melaporkan Penurunan Penjualan Global Pertama Sejak Tahun 2020, Efek Boikot?



DEMOCRAZY.ID - McDonald's pada Senin (29/7/2024) melaporkan penurunan penjualan global pertama sejak tahun 2020 


Penjualan jaringan makanan cepat saji tersebut turun 1 persen year on year dalam tiga bulan hingga akhir Juni. Penurunan penjualan terjadi di lokasi global dan basis McDonald's di AS.


Pimpinan eksekutif perusahaan Chris Kempczinski mengatakan konsumen "lebih pilih-pilih dalam pengeluaran mereka" saat menerbitkan laporan pada hari Senin. 


Laba bersih turun 12 persen menjadi $2,02 miliar, meleset dari ekspektasi Wall Street.


Kempczinski mengatakan kepada analis bahwa sentimen konsumen di sebagian besar pasar utama McDonald's rendah. 


“Anda melihat bahwa konsumen lebih sering makan di rumah, Anda melihat lebih banyak orang mencari penawaran,” katanya.


Kelompok AS tersebut adalah yang terbaru melaporkan penurunan permintaan, yang memicu kekhawatiran bahwa setelah bertahun-tahun membantu menopang ekonomi terbesar di dunia sejak pandemi, kekuatan konsumen telah mencapai puncaknya.


McDonald's memiliki lebih dari 40.000 restoran di lebih 100 negara. Sekitar 41 persen dari pendapatannya sebesar $25,5 miliar tahun lalu berasal dari AS.


Penjualan internasional menurun lebih dari 1 persen. Namun, lebih sedikit pelanggan memicu penurunan 0,7 persen dalam penjualan AS yang sebanding pada kuartal kedua.


Perusahaan baru-baru ini memperingatkan bahwa perang di Gaza telah merugikan bisnisnya di beberapa negara Timur Tengah, serta Indonesia dan Malaysia. 


Penjualan juga lebih rendah di Prancis dan Tiongkok, tempat Kempczinksi mengatakan McDonald's menghadapi persaingan yang agresif.


Penurunan global dalam penjualan yang sebanding, yang mencakup toko milik perusahaan dan waralaba yang buka setidaknya selama 13 bulan, menandai penurunan pertama sejak kuartal terakhir tahun 2020.


Investor telah mendorong saham McDonald's turun 15 persen dalam setahun hingga Jumat. 


Morgan Stanley, dalam pratinjau pendapatan, mengatakan "reputasi nilai grup tersebut tampaknya telah berkurang" di antara konsumen, dengan mengatakan bahwa mereka membutuhkan penawaran seperti makanan seharga $5 "untuk melayani kelompok pelanggan utama yang telah menarik diri".


Sumber: Financial Times


Link: https://www.ft.com/content/f79bbcd4-856e-49ea-8659-e067c67e0109


Penulis blog