POLITIK

Adu Kuat Anies vs Ahok di Pilgub Jakarta 2024, Ini 5 Hasil Survei Terkini!

DEMOCRAZY.ID
Juli 20, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Adu Kuat Anies vs Ahok di Pilgub Jakarta 2024, Ini 5 Hasil Survei Terkini!



DEMOCRAZY.ID - Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berada di urutan dua teratas daftar hasil survei elektabilitas calon gubernur DKI Jakarta 2024-2029 yang dirilis Litbang Kompas awal pekan ini. 


Mengalahkan calon lain seperti Ridwan Kamil, Erick Thohir, Sri Mulyani, Andika Perkasa, Kaesang Pangarep, dan Heru Budi Hartono.


Anies dan Ahok sama-sama mantan gubernur DKI Jakarta yang digadang-gadang akan dicalonkan lagi di Pilgub 2024. 


Keduanya pernah bentrok di Pilgub Jakarta 2017 yang panas, diwarnai polarisasi dan politik identitas.


Anies yang berpasangan dengan Sandiaga Uno kala itu menang di putaran kedua, mengalahkan duet Ahok-Djarot Saiful Hidayat.


Pascapemilihan selesai, Ahok dihukum penjara karena terbukti melakukan penistaan agama.


Setelah Pilpres 2024 kelar, muncul wacana menduetkan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta pada November nanti. Tapi kalangan analis politik mengatakan duet ini sulit terwujud.


Nama Anies sudah direkomendasi beberapa DPW partai politik di DKI Jakarta untuk dicalonkan sebagai kandidat gubernur di Pilgub mendatang. 


Di antaranya PKS, PKB, Nasdem, bahkan PDIP. Tapi, baru DPP PKS yang resmi menyatakan dukungan ke Anies.


Menariknya PDIP selain memasukkan Anies dalam bursa bakal cagub yang akan diusung, juga mendorong Ahok jadi kandidat alternatif. 


Kemunculan Ahok tentu membuat suhu politik makin gairah, karena ia bersama Anies dianggap punya basis pemilih kuat di Jakarta.


Berikut adu kuat elektabilitas Anies versus Ahok dalam beberapa hasil survei :


Survei Libang Kompas


Litbang Kompas mengadakan survei pada 15-20 Juni 2024 dengan melibatkan 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencupilkan sistematis bertingkat di Jakarta. Hasilnya,


Anies 29,8% dan Ahok 20,0%


Margin of error survei ini kurang lebih 4,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.


Survei Proximity Indonesia


Jajak pendapat ini dilakukan pada 16-25 Mei 2024 dengan responden 800 orang di Jakarta. Hasilnya Anies teratas dengan elektabilitas 18,50% dan posisi kedua Ahok 14%.


Survei ASI


Arus Survei Indonesia menggelar jajak pendapat pada 23-29 April 2024 dengan 400 responden dipilih secara acak. Hasilnya Anies di posisi pertama dengan elektabilitas 19,8% dan Ahok di posisi empat dengan tingkat keterpilihan 5,8%.


Posisi kedua dan ketiga Ridwan Kamil dan Heru Budi.


Margin of error survei ini kurang lebih 4,9%.


Survei LSJ


Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menggelar survei pada 8-15 Januari 2024 hasilnya Ridwan Kamil dan Tri Rismahari berada di posisi teratas dengan elektabilitas masing-masing 23,4% dan 19,2.


Posisi selanjutnya adalah Anies 18,4% lalu disusul 8,7%.


Survei KIC


Katadata Insight Center (KIC) mengadakan survei pada 3-9 Mei 2024 melalu online dengan melibatkan 7.864 responden di delapan provinsi; Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.


Hasilnya Ahok juara dengan elektabilitas 33,2%, disusul Anies 25,4%


Tingkat kepercayaan survei ini 95,0%, margin of errornya kurang lebih 1%.


Sumber: Okezone

Penulis blog