HUKUM KRIMINAL

8 Negara Paling Korup di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

DEMOCRAZY.ID
Juli 12, 2024
0 Komentar
Beranda
HUKUM
KRIMINAL
8 Negara Paling Korup di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?



DEMOCRAZY.ID - Asosiasi Global yang Melawan Korupsi Transparency International, melaporkan negara-negara yang paling korup di dunia pada 2023 berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi (CPI). Negara di kawasan Asia Tenggara atau ASEAN masuk ke dalam daftar.


CPI memberi peringkat pada 180 negara di dunia berdasarkan persepsi tingkat korupsi sektor publiknya, dengan skala 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih). 


Hasil menunjukkan bahwa korupsi merajalela di seluruh dunia dengan lebih dari dua pertiga negara mendapat nilai CPI di bawah 50.


Secara global, Somalia menjadi negara paling korup di dunia dengan skor CPI hanya 11. Disusul dengan Venezuela, Suriah, dan Sudan Selatan dengan skor CPI 13.


Banyak Negara Meremehkan Keadilan dan Hukum


Transparency International mencatat bahwa korupsi berkembang pesat karena banyak negara melemahkan sistem peradilan. Baik pemimpin otoriter maupun demokratis sama-sama meremehkan keadilan.


Kondisi ini meningkatkan impunitas terhadap korupsi dan bahkan mendorongnya dengan menghilangkan konsekuensi bagi para pelaku kejahatan.


Pada kenyataannya, tindakan korupsi seperti penyuapan dan penyalahgunaan kekuasaan juga menyusup ke banyak pengadilan dan lembaga peradilan lainnya di seluruh dunia.


Ketika korupsi menjadi hal yang lumrah, masyarakat yang rentan akan membatasi akses mereka terhadap keadilan, sementara masyarakat yang kaya dan berkuasa menguasai seluruh sistem peradilan, dengan mengorbankan kebaikan bersama.


"Korupsi akan terus berkembang sampai sistem peradilan dapat menghukum pelaku kejahatan dan menjaga pemerintah tetap terkendali. Ketika keadilan dibeli atau diintervensi secara politik, rakyatlah yang menderita. Para pemimpin harus berinvestasi penuh dan menjamin independensi lembaga-lembaga yang menegakkan hukum dan memberantas korupsi. Sudah saatnya mengakhiri impunitas korupsi," kata François Valerian, Ketua Transparansi Internasional.


Lantas bagaimana dengan korupsi di negara-negara kawasan ASEAN?


Myanmar Nomor Satu, Indonesia Lebih Korup dari Malaysia


Berdasarkan skor CPI tahun 2023, Myanmar menjadi negara paling korup di kawasan Asia Tenggara. Skor CPI Myanmar hanya mendapatkan 20 dan ini menjadikannya negara paling korup nomor 14 di dunia.


Di peringkat kedua ada Kamboja dengan skor CPI 22 dan menyusul Laos dengan skor CPI 28 di peringkat ketiga.


Sementara saudara satu rumpun melayu yakni Indonesia dan Malaysia memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Indonesia masuk dalam top 5 negara di ASEAN yang paling korup, sedangkan Malaysia menjadi negara yang terbaik bersama dengan Singapura, yang paling bersih soal korupsi.


Bagaimana dengan negara lain? Untuk mengetahuinya, berikut ini laporan Indeks Persepsi Korupsi (CPI) tahun 2023 di Asia Tenggara.


8 Negara Paling Korup di Asia Tenggara


1. Myanmar

Skor CPI: 20


Peringkat dunia: 14


2. Kamboja

Skor CPI: 22


Peringkat dunia: 23


3. Laos

Skor CPI: 28


Peringkat dunia: 44


4. Filipina

Skor CPI: 34


Peringkat dunia: 63


5. Indonesia

Skor CPI: 34


Peringkat dunia: 65


6. Thailand

Skor CPI: 35


Peringkat dunia: 67


7. Vietnam

Skor CPI: 41


Peringkat dunia: 95


8. Timor Leste

Skor CPI: 43


Peringkat dunia: 106


Sumber: Detik

Penulis blog