Diragukan Soal Keturunan Nabi, Ternyata Habib Bahar Diakui UAS Sampai Minta Kejelasan Rhoma Irama - DEMOCRAZY News
AGAMA

Diragukan Soal Keturunan Nabi, Ternyata Habib Bahar Diakui UAS Sampai Minta Kejelasan Rhoma Irama

DEMOCRAZY.ID
Juni 23, 2024
0 Komentar
Beranda
AGAMA
Diragukan Soal Keturunan Nabi, Ternyata Habib Bahar Diakui UAS Sampai Minta Kejelasan Rhoma Irama

Diragukan Soal Keturunan Nabi, Ternyata Habib Bahar Diakui UAS Sampai Minta Kejelasan Rhoma Irama


DEMOCRAZY.ID - Nama Habib Bahar Bin Smith akhir-akhir ini ramai jadi perbincangan publik dan pemberitaan.


Muncul pertanyaan yang meragukan kebenaran nasab atau silsilah Habib Bahar. Apakah betul keturunan Nabi? ini penjelasan Ustaz Abdul Somad.


Dalam penjelasannya, Ustaz Abdul Somad mengakui sosok Habib Bahar dan menghargainya.


Lalu, Ustaz Somad pun menjelaskan silsilah keturunan Nabi Muhammad saw agar masyarakat dapat memahami dengan jelas nasab Habib Bahar bin Smith.


Ustaz Abdul Somad sebutkan di YouTube Sayyid Bahar Bin Sumaith, turunan dan silsilah Nabi yang ujungnya mengarah ke Habib Bahar Bin Smith.


Dimulai dari keturunan Nabi yang bernama Muhammad Al Baqir, punya anak laki-laki namanya Sayyidina Jafar As Siddiq.


"Sayyidina Ja'far Assadiq punya anak laki-laki, ada namanya Musa Al Kadim, ada namanya Ismail, ada namanya Ali Al Uraydi," katanya dikutip, Jumat (21/6/2024)


"Dari yang ketiga ini punya anak laki-laki namanya Muhammad An Naqib, Muhammad An Naqib ini punya anak namanya Isa ar Rumi," jelas Ustaz Abdul Somad.


"Isa ar Rumi ini punya anak laki-laki namanya Ahmad bin Isa ar Rumi, di ujung namanya bergerak Al Muhajir," sambungnya


Sehubungan dengan ini, Ustaz Abdul Somad pun menyinggung soal turunan selanjutnya. Di mana ada keturunan disebut Ba' Alawi.


Keturunan dari Alaqi ini hingga sekarang masih memiliki garis keturunan yang tersambung hingga ke Nabi Muhammad.


"Kemudian Sayyidina Ahmad bin Isa Al Muhajir ini punya anak salah satu nama anaknya Ubaidullah, lalu kemudian punya anak namanya Alawi," katanya lagi


"Maka keturunan daripada Alawi ini disebut dengan Ba' Alawi, keturunan daripada Sayyid Alawi yang sampai ke atas sampai Sayidina Maulana Muhammad SAW," ujar Ustaz Abdul Somad.


Adanya proses perjalanan dari turunan sebelumnya, dan berkembang. Ustaz Abdul Somad pun katakan ada turunan lagi disebut marga.


"Kemudian turun ke bawah inilah yang banyak marga-marga yang sampai ke Nusantara, di antaranya As Saqaf," ungkap Ustaz Somad


"Ada Asika Al Haddad, Al Jufri, Al Idrus bin Shihab bin, Syekh Abu Bakar,  bin Yahya. Salah satunya, adalah Ibnu sudah cucu cicitnya itulah yang ada bersama kita hari ini yaitu Sayyidi Al Habib Bahar bin Sumaith," terang Ustaz Abdul Somad.


Sebelumnya, Penyanyi dangdut Rhoma Irama yang mengatakan adanya aliran atau doktrin salah dari seorang habib yang maksiat disebut tetap masuk surga.


Meski tidak disebutkan siapa habibnya, ini menuai pro-kontra. Seperti Habib Bahar yang marah karena menilai itu fitnah.


Sehingga beredar video di sosial media di mana Habib Bahar marah, atas ucapan Rhoma Irama. Dianggap menyinggung seorang habib yang belum diperjelas siapa orangnya.


"Terus Rhoma Irama bilang mau fitnah katanya ada doktrin ba' alawi, doktrin habaib yang kalau ada habib dosa, dia mabuk, judi katanya masuk surga," kata Habib Bahar


"Barusan saya bilang apa barusan, siapapun yang berbuat dosa dan maksiat tempatnya neraka," sambungnya.


"Makanya saya tanya siapa habibnya, di mana dan kapan dia ngomong?. Kalau memang ada habibnya yang bilang gitu saya yang bantai sendiri dia di depan Rhoma Irama saudara -saudara," jelas Habib.


Sejauh ini, isu perdebatan Habib Bahar marah ke Rhoma Irama dan diduga bukan keturunan nabi masih hangat. Semoga isu ini bisa berubah jadi damai. 


Sumber: TvOne

Penulis blog