Bos Hizbullah Ancam Seret Negara Ini dalam Perang Besar dengan Israel - DEMOCRAZY News
GLOBAL

Bos Hizbullah Ancam Seret Negara Ini dalam Perang Besar dengan Israel

DEMOCRAZY.ID
Juni 20, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
Bos Hizbullah Ancam Seret Negara Ini dalam Perang Besar dengan Israel

Bos Hizbullah Ancam Seret Negara Ini dalam Perang Besar dengan Israel


DEMOCRAZY.ID - Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah memperingatkan perang "tanpa aturan atau batasan" jika terjadi serangan besar-besaran Israel terhadap milisi Lebanon tersebut. 


Dia juga mengancam Siprus akan menjadi sasaran jika mengizinkan Israel menggunakan senjatanya di negara itu dalam konflik apapun.


Siprus dan Israel memiliki perjanjian kerja sama pertahanan bilateral yang membuat kedua negara melakukan latihan bersama.


"Membuka bandara dan pangkalan di Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus adalah bagian dari perang, dan kelompok perlawanan akan menghadapinya sebagai bagian dari perang," kata pemimpin Hizbullah tersebut, dilansir The Guardian, Kamis (20/6/2024).


Presiden Siprus Nikos Christodoulides langsung memberikan tanggapan atas ancaman tersebut.


"Siprus tetap tidak terlibat dalam konflik militer apapun dan memosisikan dirinya sebagai bagian dari solusi, bukan masalah."


Ia berupaya untuk menekankan peran kemanusiaan yang dimainkan oleh negara paling timur Uni Eropa tersebut di Timur Tengah, dengan memfasilitasi pembukaan koridor laut untuk mengangkut bantuan yang sangat dibutuhkan ke Gaza.


"Koridor kemanusiaan kami merupakan bukti komitmen kami terhadap perdamaian dan stabilitas," katanya.


"Pernyataan seperti itu tidak menyenangkan, tapi tidak mencerminkan kenyataan. Siprus tidak berpartisipasi dalam keterlibatan militer apapun," imbuhnya.


Christodoulides tanggapan resmi akan disampaikan melalui saluran diplomatik.


Pernyataan Nasrallah muncul sehari setelah para jenderal Israel mengatakan mereka telah menandatangani rencana serangan yang lebih luas terhadap Hizbullah, dan Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, menyatakan bahwa negaranya berada di ambang keputusan apakah akan memperluas perang.


Berbicara pada peringatan Taleb Sami Abdallah, komandan Hizbullah paling senior yang dibunuh oleh Israel sejak kedua belah pihak memulai pertukaran lintas batas pada tanggal 8 Oktober, Nasrallah menegaskan bahwa peran Hizbullah adalah untuk mendukung pertempuran Hamas di Gaza dan bahwa mereka telah berhasil mengikat Israel. mengerahkan pasukan Israel di utara negara itu.


Nasrallah berbicara tentang strategi konflik terbatas dengan Israel, bukan perang habis-habisan, dan bertujuan untuk melakukan gencatan senjata di Gaza, namun retorikanya tampak lebih panas ketika ia mengatakan bahwa tidak ada tempat di Israel yang aman dari serangan Hizbullah.


Pidato Nasrallah yang disiarkan di televisi menggarisbawahi sulitnya upaya diplomatik untuk meredakan konflik antara kedua belah pihak karena konflik tersebut telah memasuki wilayah yang semakin berbahaya.


"Kami memiliki lebih dari 100.000 pejuang, dan bahkan lebih banyak lagi, bahkan dalam skenario terburuk. Kami telah bersiap untuk skenario terburuk dan Israel mengetahuinya," katanya.


Menggambarkan pengumpulan intelijen Hizbullah, yang didramatisasi dengan siaran rekaman pengawasan drone di Haifa pada hari, Nasrallah mengatakan sejak 8 Oktober, musuh telah memahami bahwa tempat-tempat tertentu akan menjadi sasaran.


"Ia mengetahui kami memiliki informasi tentang lokasi-lokasi ini," katanya.


"Pada tahun 2006 [selama perang Lebanon kedua], kami mempunyai ambisi untuk mengebom pangkalan Israel di Gunung Meron. Hari ini kami hanya memberitahu para pejuang untuk melakukannya, dan mereka segera melakukannya."


"Apapun niat kami," lanjutnya, "apakah kami menginginkan perang habis-habisan atau tidak, musuh wajib tetap siap di bagian utara negara ini," seraya menambahkan bahwa ancaman Israel "tidak berdampak" pada perhitungan Hizbullah.


Serangan Israel


Pada Rabu, sebelum pidato Nasrallah, serangan Israel di Lebanon selatan menewaskan tiga pejuang Hizbullah, kata kelompok militan tersebut, ketika utusan AS yang bertugas menghindari perang regional yang menghancurkan kembali ke Israel setelah bertemu dengan para pejabat di Lebanon.


Satu serangan udara Israel mendarat di dekat kota Tirus di pesisir selatan Lebanon, 20 mil dari perbatasan, yang menampung banyak warga Lebanon yang mengungsi dari daerah perbatasan terdekat.


Di Jalur Biru sisi Israel, yang membagi Israel dan Lebanon, Hizbullah mengatakan mereka telah menembakkan roket ke pangkalan militer dekat kota Kiryat Shmona pada Rabu sore, yang memicu beberapa kebakaran.


Kekhawatiran akan perang yang lebih luas antara Israel dan Hizbullah telah meningkat sejak pembunuhan Abdallah oleh Israel minggu lalu, yang ditanggapi oleh Hizbullah dengan meluncurkan ratusan amunisi, termasuk drone dan roket, terhadap Israel dalam serangan terberat dalam konflik terbaru ini.


Harapan bahwa kekerasan akan mereda, setidaknya untuk sementara, pupus setelah Hizbullah merilis rekaman drone pengintai yang direkam di kota Haifa, yang memicu ancaman "perang habis-habisan" dari menteri luar negeri Israel.


Sementara itu, citra satelit dan data yang dikumpulkan oleh pejabat regional di Lebanon selatan menunjukkan kehancuran yang meluas dan makin besar akibat konflik yang telah menyebabkan 1.700 rumah hancur total dan 14.000 rumah mengalami kerusakan sebagian.


Nasrallah berbicara ketika Amos Hochstein, penasihat senior presiden AS, Joe Biden, kembali ke Israel setelah pertemuan di Lebanon pada hari Selasa.


Tidak ada indikasi adanya kemajuan dalam upayanya meredakan konflik di tengah peringatan bahwa eskalasi perang skala penuh dapat menyebabkan konflik regional.


Sumber: CNBC

Penulis blog