Berantem dengan Presiden, Wapres Tetangga RI Resign dari Kabinet - DEMOCRAZY News
GLOBAL POLITIK

Berantem dengan Presiden, Wapres Tetangga RI Resign dari Kabinet

DEMOCRAZY.ID
Juni 20, 2024
0 Komentar
Beranda
GLOBAL
POLITIK
Berantem dengan Presiden, Wapres Tetangga RI Resign dari Kabinet

Berantem dengan Presiden, Wapres Tetangga RI Resign dari Kabinet


DEMOCRAZY.ID - Wakil Presiden Filipina Sara Duterte pada Rabu (19/6/2024) mengundurkan diri dari kabinet Presiden Ferdinand Marcos Jr. dan jabatan penting lainnya. 


Hal ini tidak mengejutkan mengingat aliansinya dengan Marcos telah lama diperkirakan akan runtuh.


Marcos telah menerima pengunduran diri Duterte dari jabatan menteri pendidikan dan wakil ketua satuan tugas anti-pemberontakan, kata Sekretaris Komunikasi Kepresidenan Cheloy Garafil dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, seraya menambahkan bahwa tidak ada alasan yang diberikan olehnya untuk mengundurkan diri.


Duterte, yang akan tetap menjadi wakil presiden, mengatakan dalam konferensi pers bahwa "pengunduran dirinya bukan karena kelemahan namun karena kepedulian yang tulus terhadap guru dan generasi muda."


Pengunduran dirinya menegaskan prediksi para pengamat politik selama ini bahwa aliansi antara keluarga mereka yang membawa Marcos dan dia berkuasa pada tahun 2022 pasti akan runtuh karena perbedaan politik dan kebijakan di antara mereka.


"Ini adalah terobosan yang kita semua tunggu-tunggu," kata Jean Encinas-Franco, seorang profesor ilmu politik di Universitas Filipina, mengenai keputusan wakil presiden untuk mundur dari jabatannya di kabinet, dan menyatakan bahwa hal ini akan memberikannya lebih banyak kekuatan untuk melawan Marcos.


Duterte, putri mantan presiden Rodrigo Duterte, diperkirakan akan memenangkan kursi kepresidenan pada pemilu 2022, berdasarkan jajak pendapat independen, namun ia mencalonkan diri bersama Marcos, sehingga putra mendiang pemimpin otoriter tersebut dapat memanfaatkan basis dukungan dan cap besar keluarga Duterte untuk mengembalikan dinasti Marcos.


Namun perpecahan dalam aliansi tersebut terungkap beberapa bulan setelah Marcos menjabat sebagai presiden, setelah ia mengubah banyak kebijakan pendahulunya, Rodrigo Duterte, dari Laut China Selatan menjadi perang melawan narkoba serta memprakarsai kemungkinan perundingan damai dengan pemberontak komunis.


Marcos juga telah mempertimbangkan untuk bergabung kembali dengan Pengadilan Pidana Internasional (ICC) yang secara resmi ditarik oleh Duterte pada tahun 2019 setelah jaksa penuntut pengadilan tersebut kemudian mengumumkan pemeriksaan awal atas ribuan pembunuhan dalam perang Duterte terhadap narkoba.


Pada Januari, Rodrigo Duterte menuduh Marcos menggunakan narkoba, sementara putranya, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Davao, meminta Marcos untuk mengundurkan diri, namun Sara Duterte tidak keberatan.


"Pengunduran diri ini bukan terjadi begitu saja," kata Aries Arugay, peneliti senior tamu di ISEAS Yusof-Ishak Institute. 


"Ini ada kaitannya dengan makin melebarnya jarak posisi mereka dalam kebijakan dan politik."


Arugay yakin pengunduran diri Sara Duterte akan memberinya ruang politik untuk menentang Marcos, yang berpotensi mempolarisasi negara tersebut. "Ini adalah dinasti versus dinasti."


Franco dari Universitas Filipina juga melihat kemungkinan bahwa Sara Duterte, yang masih menikmati tingkat kepercayaan yang tinggi, akan mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2028, dan mendukung kandidatnya untuk pemilu paruh waktu tahun 2025.


Saat ini, peran Sara Duterte sebagai wakil presiden, yang dipilih secara terpisah dari presiden, sebagian besar hanya bersifat seremonial tanpa posisi kabinet.


Marcos, di sisi lain, tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi untuk jabatan puncak karena konstitusi menetapkan batas masa jabatan presiden hanya enam tahun.


Filipina akan mengadakan pemilu paruh waktu pada tahun 2025 untuk memilih separuh anggota Senat, memilih anggota kongres, dan pejabat lokal.


"Pemilu 2025 bisa menjadi referendum untuk menentukan dinasti mana yang lebih kuat," kata Arugay. "Ini akan menjadi indikasi di mana angin bertiup."


Sumber: CNBC

Penulis blog