POLITIK

Surya Paloh dan Anies Buka Komunikasi, Bahas Kans Maju Pilgub Jakarta 2024

DEMOCRAZY.ID
April 15, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Surya Paloh dan Anies Buka Komunikasi, Bahas Kans Maju Pilgub Jakarta 2024

Surya Paloh dan Anies Buka Komunikasi, Bahas Kans Maju Pilgub Jakarta 2024


DEMOCRAZY.ID - Partai NasDem berpeluang mendukung Anies Baswedan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.


Komunikasi menjelang gelaran Pilkada DKI tersebut bahkan sudah dilakukan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.


"Komunikasi sudah. Kita cek ombak sama Mas Anies, Mas Anies 18 Maret itu, Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu nggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju Pilkada monggo NasDem siap, ya kan," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya di NasDem Tower, Jakarta, Senin (15/4/2024).


Willy menegaskan pertemuan antara Anies dan Paloh itu bukan dalam rangka menawarkan pencalonan sebagai gubernur, melainkan hanya sebagai diskusi.


"Iya, bukan penawaran. Itu diskusi," kata Willy.


Merespons komunikasi dengan Paloh tersebut, Anies menegaskan dirinya masih menyelesiakak persoalan perselisihan hasil pemilihan umum.


"Ya Pak Anies menjawabnya saya akan menyelesaikan proses MK," katanya.


PKS Buka Peluang Dorong Anies Maju Pilgub DKI


Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta membuka opsi bagi calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan untuk kembali menjabat Gubernur DKI Jakarta melalui ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.


"Buat PKS siapa saja, Anies atau selain Anies, yang bisa menjalankan platform bernegaranya yang sudah dibuat oleh PKS untuk masyarakat warga Jakarta, silahkan," kata Ketua DPW PKS DKI Jakarta Khoirudin.


Usai pertemuan dengan petinggi partai-partai Koalisi Perubahan di NasDem Tower, Jakarta, Jumat, Khoirudin menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan langsung hal tersebut ke Anies. 


Namun tentunya menunggu hasil pemilu yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Dia turut menegaskan Anies merupakan aset untuk banyak orang terutama masyarakat Jakarta. 


Terlebih, PKS DKI Jakarta ingin mengokohkan kembali posisi Gubernur DKI Jakarta dalam ajang Pilkada 2024.


"Kita dari tiga partai Koalisi Perubahan, saya Ketua PKS DKI Jakarta ingin menguatkan kembali, ingin mengokohkan kembali untuk merebut Jakarta," katanya.


Dia yakin PKS bisa menjadi pemenang dan dengan perolehan 18 kursi legislatif mampu meraih posisi Gubernur DKI Jakarta. 


Menurut dia, dengan adanya eksekutif dan legislatif bersatu maka perubahan Jakarta diharapkan bisa lebih baik karena dikuasai bersama.


"Kami sungguh-sungguh berusaha untuk terus mempertahankan koalisi ini sampai pilkada yang akan mulai dari DKI dan mereka (di) DPRD DKI ini akan terus melakukan pertemuan," katanya.


Selain itu, dia menuturkan pertemuan ini juga mendiskusikan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) hingga Dewan Kawasan Aglomerasi. 


Dia menegaskan, pemerintahan ke depan harus terus berpihak terutama masyarakat kecil di Jakarta.


"Nah kepentingan-kepentingan itu yang harusnya kita bergabung atau 'join force' bersama-sama antara PKS, PKB dan NasDem ke depan untuk melindungi itu," ujarnya.


Berdasarkan data di akun Instagram resmi KPU DKI (@kpu_dki) di Jakarta, Selasa (12/3), PKS menduduki posisi tertinggi pada Pemilu 2024 dengan perolehan sebanyak 1.012.028 suara atau 16,68 persen.


Sumber: Suara

Penulis blog