EDUKASI POLITIK

Begini Gaya Parenting Ala Anies Baswedan, Bikin Anak-Anak Sukses dan Berintegritas

DEMOCRAZY.ID
April 18, 2024
0 Komentar
Beranda
EDUKASI
POLITIK
Begini Gaya Parenting Ala Anies Baswedan, Bikin Anak-Anak Sukses dan Berintegritas

Begini Gaya Parenting Ala Anies Baswedan, Bikin Anak-Anak Sukses dan Berintegritas


DEMOCRAZY.ID - Setiap orangtua tentu memiliki gaya parenting mereka masing-masing tak terkecuali dengan Anies Baswedan.


Anies Baswedan merupakan mantan gubernur Jakarta. Ia juga beberapa waktu lalu maju dalam kontestasi pilpres 2024.


Selain dikenal sebagai pejabat negara, Anies Baswedan juga merupakan seorang suami dan juga seorang ayah. Tentu ia sangat memperhatikan anak-anaknya.


Dalam pengasuhan anak-anaknya, Anies menerapkan gaya parenting yang cukup menarik. Ini mungkin bisa menjadi masukan bagi Anda.


Jika Anda merupakan orangtua atau sedang bersiap menjadi orang tua, tentu mengetahui gaya parenting Anies adalah hal yang bagus.


Garis besar dari gaya parenting yang dia terapkan adalah berbasis komunikasi. Ini terungkap dalam channel Youtubenya, Youtube Anies Baswedan beberapa waktu lalu.


"Secara umum beda. Tiap anak punya karakternya masing-masing, tapi prinsip dasarnya sama, mereka semua dibiasakan untuk terbuka, dibiasakan untuk ngobrol," ucap Anies.


Pembiasaan untuk mengobrol ini tentu sangat penting. Dengan terbukanya anak kepada orang tua, maka semuanya akan menjadi lebih mudah.


"Kemudian dibiasakan untuk punya tanggung jawab," terusnya.


Tentu memiliki rasa tanggung jawab adalah hal yang harus diusahakan oleh orangtua kepada anak-anak mereka. Ini sangat penting.


Lebih lanjut, mantan gubernur Jakarta tersebut juga membeberkan kebiasaannya di pagi hari bersama dengan anak-anaknya.


"Terus mereka juga kalau ada apa-apa terbiasa untuk diskusi dengan kita. Karena itulah saya mengusahakan kalau pagi itu ada kesempatan tuh untuk bisa bareng," terangnya.


Ada beberapa hal positif yang bisa muncul dari pola parenting yang Anies lakukan, sebagai berikut:


1. Anak-anak jadi kebun terbuka pada orangtua


Salah satu hal positif yang dapat muncul dari pola parenting Anies adalah terciptanya ruang terbuka antara anak-anak dan orangtuanya.


Dengan mendorong komunikasi yang terbuka dan tanpa rasa takut, anak-anak merasa nyaman untuk berbicara tentang apa pun yang mereka alami atau rasakan.


Hal ini menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk membangun hubungan yang kuat dan saling memahami antara orangtua dan anak.


2. Orangtua menjadi lebih akrab dengan anak-anaknya


Pendekatan yang dilakukan oleh Anies Baswedan juga memungkinkan orangtua untuk menjadi lebih akrab dengan anak-anaknya.


Dengan terlibat secara aktif dalam kehidupan sehari-hari anak-anak, orangtua dapat memahami minat, kebutuhan, dan keprihatinan mereka dengan lebih baik.


Ini tidak hanya menciptakan ikatan emosional yang kuat antara orangtua dan anak, tetapi juga membangun rasa percaya diri dan kemandirian pada anak-anak.


3. Anak-anak tidak merasa sendirian dalam menghadapi masalah hidupnya


Pola parenting Anies juga mendorong anak-anak untuk tidak merasa sendirian dalam menghadapi masalah hidupnya.


Dengan memberikan dukungan moral dan emosional yang konstan, anak-anak merasa didukung dalam mengatasi tantangan dan rintangan yang mereka hadapi.


Hal ini membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang kuat, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi berbagai situasi di masa depan.


Demikian itu tadi adalah informasi mengenai gaya parenting Anies Baswedan yang bisa diikuti oleh para orangtua.



Sumber: AyoBandung

Penulis blog