ISLAMI

Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar

DEMOCRAZY.ID
Maret 03, 2024
0 Komentar
Beranda
ISLAMI
Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar

Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar


DEMOCRAZY.ID - Akhir-akhir ini beberapa kajian yang dibawakan oleh penceramah seorang ustaz ternama di Indonesia kerap terjadi penolakan.


Sungguh miris, menjelang bulan suci Ramadhan ini justru banyak kajian dari pendakwah ternama ditolak oleh beberapa pihak, seperti Ustaz Syafiq Riza Basalamah dan Ustaz Khalid Basalamah.


Sebelumnya, kajian yang penceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah yang dijadwalkan akan diadakan di Surabaya sempat dibatalkan.


Hal ini terjadi setelah ormas GP Ansor mengeluarkan surat keberatan dan menilai ceramahnya bersifat provokatif dan adu domba.


Ustaz Syafiq Riza Basalamah seharusnya mengisi sebuah pengajian di Masjid Assalam Purimas Surabaya, pada Kamis (22/2/2024) pada pukul 18.00 WIB.


Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar


Namun, GP Ansor mengeluarkan surat nomor 013 PAC-X1-01-19/SR-02/2024 yang berisi pihaknya menyatakan keberatan dengan adanya rencana pengajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah. 


“Kami Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar Kota Surabaya keberatan atas kehadirannya (Ustaz Syafiq Riza Basalamah), mengingat bahwa ceramah bersifat provokatif dan adu domba,” tulis surat GP Ansor yang dikutip dari Instagram @syafiqrizabasalamah_official, Kamis (22/2/2024).


Hal ini juga diutarakan oleh seorang anggota Banser - GP Ansor yang aktif di media sosial X, Afif Fuad.


Menurut Afif Fuad, Ustaz Syafiq Riza Basalamah merupakan seorang dengan identitas sebagai Salafi Wahabi.


Afif Fuad berpendapat bahwa kelompok ini memiliki ceramah yang bersifat kontroversial, bahkan menuding sebagai ajaran yang berbahaya bagi penganut agama Islam di Indonesia.


Penolakan Tabligh Akbar Ustaz Khalid Basalamah


Setelah adanya penolakan kepada Ustaz Syafiq Riza Basalamah, kini giliran seorang pendakwah kondang Ustaz Khalid Basalamah yang tidak diizinkan untuk menyelenggarakan Tabligh Akbar di Makassar.


Ustaz Khalid Basalamah dijadwalkan akan mengisi kajian di Masjid Raya Makassar, namun batal diselenggarakan.


Hal ini sesuai dengan surat yang sempat beredar bahwa adanya penolakan atas diselenggarakannya Tabligh Akbar dengan penceramah Ustaz Khalid Basalamah yang diadakan pada Jumat, (1/3/2024).


Surat tersebut ditulis oleh Yayasan Masjid Raya Makassar dengan menyatakan tidak mengizinkan acara Tabligh Akbar dilakukan di masjid tersebut.


“Berdasarkan pertimbangan dan masukan dari para Kyai / Ulama dari beberapa Ormas, hasil pembicaraan Ketua Umum Yayasan Masjid Raya Makassar dengan Bpk Walikota Makassar dan Kapolrestabes Makassar, mengenai rencana Pelaksanaan Tabligh Akbar dengan menghadirkan Penceramah Dr. Khalid Basalamah,” tulis dalam surat yang dikeluarkan oleh Yayasan Masjid Raya Makassar.


“Yayasan Masjid Raya Makassar TIDAK MENGIZINKAN kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Raya,” lanjutnya dengan ditandatangani oleh Pengurus Yayasan Masjid Raya.


Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar


Alasan tidak diizinkan acara Tabligh Akbar tersebut disampaikan oleh Sekertaris Umum Yayasan Masjid Raya, Ustaz Irfan Sanusi Baco melalui pesan singkat yang diterima tvOnenews.com. 


Ustaz Irfan mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya acara tersebut setelah beredarnya flyer dan menerima telepon dari beberapa ormas.


“Saya baru tahu bahwa akan ada Tabligh Akbar Khalid Basalamah setelah di telepon beberapa Ormas dan sudah beredar Flyer di beberapa media sosial dan WAG sebelum ada persetujuan dari Yayasan,” ungkap Ustaz Irfan sanusi melalui pesan singkat pada Selasa (27/2/2024).


Bahkan ia menambahkan bahwa Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto tidak pernah dilibatkan dan tidak mengetahui rencana Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Makassar tentang rencana ini.


Meski demikian, Danny Poma tidak pernah memberikan larangan terkait acara Tabligh Akbar tersebut. Pada akhirnya, Wali Kota mengizinkan Tabligh Akbar dilakukan di Lapangan Karebosi, Makassar.


Batalnya Tabligh Akbar di Maros


Lagi! Seusai Ustadz Syafiq Riza Basalamah Ditolak di Surabaya, Tabligh Akbar Ustadz Khalid Tak Diizinkan di Makassar


Tak berhenti sampai disitu, Tabligh Akbar yang akan dilaksanakan di Maros, Sulawesi Selatan pun batal digelar.


Ustaz Khalid Basalamah dijadwalkan akan mengisi ceramah pada Tabligh Akbar yang dilakukan di Masjid Al Markaz Al Islami, Maros, Sulawesi Selatan. 


Namun, acara ini batal karena belum mendapatkan izin. Hal ini dijelaskan oleh Sub Bid Ibadah dan Dakwah Masjid Al Markaz Al Islami Maros, Ustaz Sakka Patte, pada Sabtu (2/3/2024).


“Kemarin itu seandainya bisa diundur dua hari untuk melengkapi (izin) bisa dilaksanakan di Maros, cuma ustaz (Khalid Basalamah) besok pulang,” ujar Ustaz Sakka Patte, Sub Bid Ibadah & Dakwah Masjid Al Markaz Al Islami Maros, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (2/3/2024).


Pengurus Masjid Al Markaz Maros menerangkan mepetnya waktu untuk mengurus izin ke Forkopimda setempat dan berbagai pertimbangan akhirnya dibatalkan.


Selain itu sempat adanya campur tangan dari Banser setempat, oleh sebab itu dirinya sempat dipertemukan di Kemenag. 


“Ini sebenarnya dari Banser memang sempat turut campur tangan. Makanya saya sempat dipertemukan di Kemenag. Itu Banser dia mau disampaikan kalau ada kegiatan begitu. Tapi intinya itu seandainya selesai rekomendasi, bisa (diselenggarakan),” terangnya.


“Sangat mepet, saat itu waktu menelpon bertanya apakah Al Markaz bisa dipakai tabligh akbar Ustaz Khalid, saya bilang bisa,” tambahnya.


Sebelumnya, pengumuman batalnya Tabligh Akbar yang akan dilakukan di Kabupaten Maros disampaikan melalui akun media sosial Instagram milik Ustaz Khalid Basalamah. 


“Qodarullah wa maa sya’a fa’ala Tabligh Akbar di Masjid Al-Markaz Al-Islami Kab. Maros - Sulawesi Selatan di Batalkan,” tertulis dalam keterangan pada unggahan media sosial Instagram @khalidbasalamahofficial. 


Sumber: TvOne

Penulis blog