POLITIK

Ganjar Ungkap Banyak Yang Mundur Bersaksi Perkara Pemilu Curang Padahal Awalnya Siap, Kenapa?

DEMOCRAZY.ID
Maret 19, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Ganjar Ungkap Banyak Yang Mundur Bersaksi Perkara Pemilu Curang Padahal Awalnya Siap, Kenapa?

Ganjar Ungkap Banyak Yang Mundur Bersaksi Perkara Pemilu Curang Padahal Awalnya Siap, Kenapa?


DEMOCRAZY.ID - Paslon capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan banyak menyatakan pada dirinya adanya khawatiran atau rasa takut untuk bersaksi mengenai kecurangan Pemilu.


Hal ini disampaikan oleh Ganjar saat menghadiri podcast di YouTube Ruang Publik. 


Ditelisik Selasa (19/3/2024), ia menceritakan mengenai tiga babakan yang akan dilakukan bersama timnnya dalam menghadapi pembuktian pemilu curang pada 2024.


"Jika ada yang menyebutkan Pemilu curang, yok sampaikan kepada KPU sampai dengan tanggal 20 April," ajaknya.


Ajakan tersebut penting sebagai pembuktian di Mahkamah Konstitusi (MK) adanya tindakan terstuktur dan masif kecurangan Pemilu.


Ganjar pun mengutip tulisan yang dibacanya mengenai apakah nantinya para hakim di MK berjumlah 8 orang akan memutuskan untuk menghitung ulang hasil yang berbeda Pilpres.


"Atau kemungkinan besar lebih dari itu, apakah ini dibuktikan mengenai terstuktur dan masifnya," ucap mantan Gubernur Jateng ini.


"Langkah lainnya yang dilakukan ialah melalui parlemen yang menurut saya, juga bisa untuk membongkar semua. Lupakan Ganjar Mahfud, saya mengajak kita menjaga demokrasi, saya ikhlas dengan hasil apapun," aku Ganjar kemudian.


Tiga strategi dan tahapan ini harus dilaksanakan. Ganjar pun memastikan sesuatu yang diawali hendaknnya diakhiri.


"Kita tidak boleh marah berkepanjangan ada batasnya, karena ada kondisi yang lebih dirasakan masyarakat, seperti harga sembako, nilai rupiah. Kita harus berbicara Indonesia ke depan, jangan sampai para elit berkonflik," ucapnya memastikan.


Di awal podcast Ganjar mengungkapkan jika apa yang akan terjadi di K merupakan catatan sejarah mengenai integritas dan kredibilitas para halim. Nantinya juga di MK terdapat lembaga atau perwakilan sahabat peradilan.


"Ini kontrol yang bisa dilakukan, lembaga negara akan mendapatkan ujian. Ini catatan dalam demokrasi," ucapnya.


Ganjar mengungkapkan jika banyak yang menceritakan kepadanya terjadi berbagai kecurangan di Pemilu namun lambat laun kemudian diajak untuk membuktikan di Pengadilan, kecenderungan mereka menolak karena rasa takut.


"Awalnya lebih siap bersaksi, tapi pada akhirnya tidak jadi bersaksi karena takut. Dari situ kita memilah dan memilih dan kita tidak boleh memaksa, dan kita tidak bijak jika memaksa mereka hidup dalam ketakutan," ucap Ganjar mengakui itu.



Sumber: Suara

Penulis blog