EKBIS POLITIK

Dishub DKI Jakarta Belanja 5 Motor Listrik, Total Rp 6,3 Miliar

DEMOCRAZY.ID
Maret 08, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
POLITIK
Dishub DKI Jakarta Belanja 5 Motor Listrik, Total Rp 6,3 Miliar

Dishub DKI Jakarta Belanja 5 Motor Listrik, Total Rp 6,3 Miliar


DEMOCRAZY.ID - Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan pengadaan kendaraan listrik baru. Totalnya ada lima unit motor listrik yang diajukan dengan nilai pagu Rp 6,3 miliar.


Hal itu bisa dilihat di situs resmi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 


Paket yang diajukan Dishub DKI Jakarta terdaftar dengan nama Pengadaan Kendaraan Dinas Operasional Lapangan Khusus Sepeda Motor Listrik Pengawalan Pimpinan VVIP.


Total ada lima unit motor listrik untuk pengawalan VVIP yang diajukan. Belanja motor listrik ini menggunakan dana dari APBD. Nilai pagunya mencapai Rp 6.354.750.000 (6,3 miliaran).


Di dalam paket yang terdaftar di LKPP tidak disebutkan motor listrik apa yang akan dibelanjakan Dishub DKI Jakarta. 


Namun, pada September 2023, salah satu model moge listrik dengan livery Dishub DKI Jakarta sempat dipajang di Silang Monas, Jakarta Pusat.


Dilihat dari foto, moge listrik itu memakai kelir putih. Di sisi lain sudah menggunakan stiker Dishub di area tangki dan area shroud motor. Dari segi desain mirip dengan Harley-Davidson Livewire.


"Ini untuk patroli dan pengawalan, jadi motor patwal listrik," kata Syafrin seusai Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023) lalu dikutip dari detikNews.


Secara resmi, Harley-Davidson belum meluncurkan Livewire di Indonesia. Namun, motor listrik dari Harley-Davidson ini bisa dibeli melalui importir umum. 


Salah satunya lewat dealer Two Wheelers dari Glamour Auto Boutique.


Harley-Davidson merancang motor ini dengan dinamo yang sangat buas. 


Diklaim motor listriknya bisa membuat LiveWire melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam hitungan 3 detik saja.


Motor listriknya bertenaga 105 HP dan torsi 117 Nm. Tenaganya tersalurkan ke roda belakang dengan bantuan belt khas motor Harley-Davidson.


Baterai yang digendong oleh motor ini merupakan baterai Lithium-Ion berkapasitas 15,5 kWh. Diklaim dengan satu kali cas penuh, motor ini bisa melaju hingga 200-an km.


Two Wheelers menjual Harley-Davidson LiveWire ini dengan banderol Rp 1,5 miliar dalam status off the road.


Sumber: Detik

Penulis blog