EKBIS

Anggaran Makan Gratis Mencapai Rp 400 Triliun, Orang Tua: Mending Sediakan Transportasi ke Sekolah

DEMOCRAZY.ID
Maret 02, 2024
0 Komentar
Beranda
EKBIS
Anggaran Makan Gratis Mencapai Rp 400 Triliun, Orang Tua: Mending Sediakan Transportasi ke Sekolah

Anggaran Makan Gratis Mencapai Rp 400 Triliun, Orang Tua: Mending Sediakan Transportasi ke Sekolah


DEMOCRAZY.ID - Wali murid bernama Nung (38) mengatakan, dana program makan gratis sebaiknya dialokasikan untuk pengadaan transportasi ke sekolah.


Program milik capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tersebut akan dilaksanakan jika mereka resmi terpilih menjadi pemimpin Indonesia periode berikutnya. 


"Daripada kasih makan gratis, mending sediain transportasi ke sekolah," kata Nung saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (1/3/2024).


Nung menceritakan, anaknya yang bersekolah di Cimalaka, Kabupaten Sumedang, kesulitan karena jarak sekolah dan rumah yang jauh.


"Di kampung, anak saya untuk berangkat dan pulang sekolah yang ada di tengah kota sering alami kesulitan," kata Nung.


Sehari-hari, anak Nung perlu menempuh perjalanan hingga lebih kurang 30-40 menit menggunakan motor pribadi.


"Dari rumah saya ke tengah kota tuh biasanya pakai motor, kalau enggak ada motor, jelas anak saya pakai angkot. Itu juga angkot umumnya ada pas pagi, kalau menjelang sore sudah susah," tutur Nung.


Keterbatasan transportasi publik bagi anak sekolah, terlebih di wilayah tinggal Nung, membuatnya resah sebagai orangtua.


Hal ini yang membuat Nung supaya pemerintah bisa menyediakan transportasi untuk anak sekolah seperti bus yang ada di kota besar.


Menurut Nung, hal ini dapat lebih bermanfaat untuk anak-anak yang mempunyai masalah serupa.


"Jadi alokasi dana sebesar itu lebih efisien, efektif, dan jelas juntrungannya," ucap dia.


Di samping itu, saat ditanya tentang jaminan asupan anak, Nung menuturkan, ibunya atau nenek juga turut terlibat menjaga pola makan sang anak.


"Makan anak saya tetap dan selalu terjamin karena di rumah ada neneknya yang urus, enggak pernah dan enggak tega bikin anak kurang gizi, apalagi sampai kelaparan," kata dia.


Sebagai informasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengungkapkan, anggaran program makan siang gratis sekitar Rp 15.000 per anak.


Program ini tidak termasuk dengan rencana pembagian susu gratis yang juga diusung Prabowo-Gibran.


Nantinya, program makan siang gratis akan ditargetkan ke balita, siswa sekolah, dan ibu hamil secara bertahap sesuai prioritas.


Menurut Airlangga, anggaran akan diterapkan secara merata di seluruh wilayah Indonesia.


Sumber: Kompas

Penulis blog