POLITIK

Termasuk Erick Thohir, 6 Menteri Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres, Hampir Pasti Masuk Kabinet Baru?

DEMOCRAZY.ID
Februari 18, 2024
0 Komentar
Beranda
POLITIK
Termasuk Erick Thohir, 6 Menteri Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres, Hampir Pasti Masuk Kabinet Baru?

Termasuk Erick Thohir, 6 Menteri Jokowi Dukung Prabowo di Pilpres, Hampir Pasti Masuk Kabinet Baru?


DEMOCRAZY.ID - Deretan 6 menteri Presiden Joko Widodo yang mendukung Prabowo-Gibran di Pemilu 2024, bakal masuk kabinet lagi?


Terdapat nama-nama seperti Erick Thohir hingga Airlangga Hartanto yang selama ini menunjukkan dukungan pada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.


Bahkan, pidato politik Prabowo di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Rabu malam (14/2/2024) juga dihadiri sejumlah menteri Jokowi.


Antara lain, Menteri Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menkominfo sekaligus Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie.


Hadir juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.


Tak hanya itu, hadir juga Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas hingga Wamenaker sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor.


Dukungan para menteri tersebut sudah tampak ketika masa kampanye dan debat-debat capres.


Siapa saja sosok menteri-menteri Jokowi yang "berkeringat" bela Prabowo di Pilpres? Apakah berkemungkinan masuk kabinet Prabowo-Gibran?


1. Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia


Bahlil Lahadalia sejak awal turut membentuk tim simpul relawan untuk mendukung paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


"Saya membentuk tim relawan, kewajiban saya, dan saya lakukan itu di luar jam dinas," ujarnya usai rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/11/2023).


2. Menkominfo Budi Arie


Menkominfo sekaligus Ketua Umum Projo Budi Arie sejak Oktober 2023 menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024.


Ketika itu, Budi menyebut hal tersebut sesuai dengan aspirasi dari relawan-relawan Projo.


Saat itu, Budi mengatakan arah dukungan juga telah didiskusikan dengan Jokowi.


Selain itu, kata dia, terkait deklarasi hari ini pun telah disampaikan kepada Jokowi.


3. Mentan Amran Sulaiman


Sejak sebelum menjadi Mentan gantikan Syahrul Yasin Limpo, Amran Sulaiman telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo.


Amran Sulaiman, menilai sosok Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai orang yang layak untuk memimpin Indonesia ke depan.


Hal itu telah disampaikan Andi Amran, saat bertemu Prabowo usai menghadiri acara Rapat Kerja Nasional atau Rakernas ke XVI Apeksi di Makassar, Juli 2023. Kala itu, keduanya berbincang selama hampir satu jam.


Dalam kesempatan itu, Amran mengatakan dirinya bersama Prabowo turut bercerita tentang transformasi ekonomi, sosial dan tata kelola pemerintahan dan cita-cita menjadikan Indonesia Emas 2044.


4. Mendag Zulkifli Hasan


Menteri Perdagangan sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Rakyat (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan dukungan resmi partainya kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Agustus 2023.


Saat itu, pernyataannya diberikan bersama dengan Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Ketiga partai tersebut resmi bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIRR) yang mendukung Prabowo untuk menjadi calon presiden (Capres) di Pilpres 2023.


Zulkifli mengatakan pemberian dukungan kepada Prabowo ini dilakukan melalui pembahasan secara matang oleh internal PAN.


Dia melihat perjualan Presiden Joko Widodo dan Prabowo saat ini di pemerintahan harus dilanjutkan.


5. Menteri BUMN Erick Thohir


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.


Menurut Erick, Prabowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berekonsiliasi sehingga pandemi COVID-19 bisa tertangani dengan baik.


Misalkan, dengan pemberian vaksin COVID-19 secara gratis untuk masyarakat. Padahal, tak seluruh negara menerapkan pemberian vaksin anti corona untuk penduduknya.


Alasan lain mendukung Prabowo-Gibran, Erick melanjutkan, adalah tingkat kepuasan publik kepada Presiden Jokowi yang mencapai 80 persen.


Angka tersebut belum tentu bisa diperoleh pemimpin dunia lainnya.


6. Menko Perekomian Airlangga Hartarto


Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan dukungan partainya untuk Prabowo Subianto pada Agustus 2023.


Airlangga juga mengungkapkan alasan Golkar menjatuhkan pilihan kepada Prabowo untuk maju dalam Pilpres 2024. Dia menyebut Ketum Partai Gerindra ini sebagai sosok yang egaliter.


Dalam pandangan Airlangga, Prabowo sosok yang sangat tepat untuk memimpin Indonesia menghadapi tantangan berikutnya.


Apalagi, kata dia, Indonesia saat ini berada di persimpangan jalan apakah masuk menjadi negara maju atau berpendapatan menengah.


"Di Asia tidak banyak yang lolos (di persimpangan jalan). Oleh karena itu, kepemimpinan sangat penting. Golkar melihat kepemimpinan Prabowo sangat tepat," ucap Airlangga.


Bakal Masuk Kabinet Lagi Jika Prabowo Akhirnya Menang?


Banyak yang meyakini, "peras keringat" para menteri Jokowi dalam membantu Prabowo di Pilpres tidak "gratis".


Besar kemungkinan, di antara nama-nama di atas akan kembali masuk kabinet jika Prabowo akhirnya diputuskan KPU memenangkan Pilpres 2024.


Namun, soal spekulasi apakah mereka akan kembali jadi menteri masih panjang.


Pun jika Prabowo menang, diskursus seperti ini baru akan terjadi saat menjelang pelantikan presiden 2024-2029.


Sumber: Tribun

Penulis blog